pulsa-logo

Bocoran Seputar Chip Terbaru Qualcomm Snapdragon 450


Fauzi

Selasa, 20 Juni 2017 • 11:37

Qualcomm Snapdragon 450


Sejak beberapa minggu belakangan Qualcomm dikabarkan tengah menggarap prosesor kelas entry level generasi berikutnya yang dinamakan Snapdragon 405. Lalu, apa saja yang terkandung dari prosesor Snapdragon 450 ini?

Seorang pengguna Twitter bernama Roland Quandt memposting beberapa tweet menarik, kali ini mengenai prosesor Snapdragon 450 SoC, yang sempat muncul dalam pengujian benchmark dengan  codename SDM450. Ini adalah penerus dari prosesor Snapdragon 435, chipset low-end yang paling kuat selama ini. Di pasaran saat ini kita bisa temukan di beberapa model yang menggunakan prosesor ini seperti Xiaomi Redmi 4X, dan Huawei Y7 Prime.

Menurut bocoran tersebut, System-on-Chip (SoC) yang baru akan dilengkapi dengan 8 core Cortex A53, GPU dengan clock speed 600MHz dan akan dibangun di atas arsitektur 14nm. Prosesor ini menawarkan fitur konsumsi daya rendah seperti platform mobile Snapdragon 625 dan 626 karena konfigurasinya. Dan menawarkan kompatibilitas Quick Charge 3.0 untuk pengisian cepat, dan ini adalah fitur yang sangat dibutuhkan oleh smartphone berbasis OS Android.

Sejauh ini belum ada info resmi tentang kemungkinan peluncuran chipset baru ini oleh Qualcomm. Namun, jika kita mempertimbangkan jangka waktu peluncuran Snapdragon 435 yang belum lama ini, kemungkinan kita akan melihat peluncuran Snapdragon 450 paling cepat di akhir tahun ini, atau mungkin di awal tahun 2018.

Sumber: GizChina