pulsa-logo

Superkomputer Terkuat Bukan Lagi Milik Amerika Serikat, Melainkan Cina


dian iskandar

Kamis, 22 Juni 2017 • 00:51

Superkomputer,komputer tercepat di dunia,cina vs amerika


Sumber: TechradarSumber: Techradar

Organisasi TOP500 mulai mengumpulkan peringkat superkomputer paling kuat di dunia sejak 24 tahun silam. Sepanjang waktu itu, Amerika Serikat (AS) hanya satu kali jatuh ke peringkat ketiga superkomputer paling kuat. Daftar dua tahunan terbaru dari superkomputer paling kuat kini telah dirilis oleh organisasi TOP500. Ini menandai kedua kalinya bahwa Amerika Serikat telah berada di posisi tiga besar.

Daftar tiga superkomputer terkuat di dunia sekarang terdiri dari dua superkomputer Cina dan komputer yang telah ditingkatkan di Swiss. Dalam daftar sebelumnya, superkomputer ASyang menduduki peringkat teratas bermarkas di Oak Ridge National Laboratory di Oak Ridge, Tenn yang kini berada di posisi ketiga.

Dikutip PULSA dari Ubergizmo, "Satu-satunya kejadian yang sama pada November 1996, ketika tiga sistem Jepang berhasil mengapai tiga titik teratas," kata organisasi TOP500 dalam sebuah pernyataan. Namun, ini tidak berarti bahwa A.S. kehilangan keunggulannya dalam superkomputer.

Dari sepuluh besar daftar superkomputer, lima diantaranya berasal dari Amerika Serikat, ini yang paling banyak dari negara manapun. ASjuga menyumbang 169 superkomputer pada 500 teratas sedangkan Cina di posisi kedua dengan 160 mesin.(*)

Sumber: Ubergizmo

Close