pulsa-logo

Wow! Samsung Garap OLED Gear VR dengan Kepadatan 2000 ppi


Fauzi

Kamis, 22 Juni 2017 • 11:20

OLED Gear VR


Tidak dipungkiri, teknologi Virtual Reality saat ini menjadi tren dan marak dikembangkan oleh banyak vendor smartphone dan perusahaan teknologi, termasuk Samsung. Menurut kabar terbaru yang mengutip sumber di Korea Selatan, Samsung disebut sedang menggarap headset VR mandiri yang akan menampilkan layar built-in dengan kepadatan piksel yang jauh lebih tinggi daripada perangkat lain yang ada di pasaran saat ini.

Diduga Samsung Display, yang merupakan anak perusahaan Samsung Electronics, telah memasukkan order ke mitra pemasok untuk mengembangkan Metal Light Mask 2.000 ppi (piksel per inci) untuk headset Gear VR generasi terbaru.

Adapun FMM adalah komponen yang digunakan dalam display OLED dan memainkan peran utama dalam kuantitas dan distribusi piksel dengan kepadatan yang sangat tinggi. Ternyata, Samsung juga mengerjakan layar OLED ultra-beresolusi tinggi untuk unit VR, yang seharusnya sekitar 1.000 kali lebih responsif daripada layar LCD.

Seperti yang kita ketahui, semakin tinggi jumlah kepadatan pixel, maka ini akan mempengaruhi tingkat ketajaman gambar. Sehingga tidak heran jika gambar yang akan dihasilkan oleh teknologi ini mendekati kenyataan dan sangat realistis. Jika Samsung benar-benar berhasil menghasilkan display VR dengan 2.000 ppi, tentu kualitas layar ini akan mengalahkan Oculus Rift yang selama ini memimpin di bisnis ini dengan memiliki kepadatan piksel hanya 460 ppi.

Beberapa teori ilmiah menunjukkan bahwa mata manusia tidak dapat membedakan detail di luar 300 ppi. Namun, otak manusia masih sangat tajam untuk membedakan tingkat ketajaman, gradasi, dan kualitas gambar. Dan selama ini banyak pengguna perangkat VR yang mengeluh dengan kualitas dan kurangnya realisme selama mereka memainkan headset VR. Perkiraan para analis menunjukkan bahwa setidaknya 1.000 ppi diperlukan untuk menghadirkan realisme gambar yang mendalam di perangkat VR. Dan inilah yang ingin dibuktikan oleh Samsung.

Dengan menghadirkan 2.000 ppi ke bidang visual yang sempit, ini berarti bahwa gambar di Gear VR generasi terbaru akan sanggup untuk “mengelabui” otak Anda agar berpikir bahwa Anda melihat pemandangan kehidupan nyata melalui headset VR. Keren kan?

Sejauh ini, sayangnya Samsung belum memberikan informasi lebih lanjut terkait kapan mereka akan merilis  perangkat tersebut, estimasi harga, dan ketersediaannya. Namun, kerapatan piksel 2000 ppi di sebuah headset VR mandiri adalah revolusi yang sangat besar yang akan dilakukan oleh Samsung. Dan bisa jadi harga banderolnya tidak murah, atau masuk ke dalam kategori perangkat premium.


Sumber: PhoneArena