pulsa-logo

Intip Bocoran Spesifikasi Dua Varian Baru Huawei Y3 (2017)


Fauzi

Kamis, 22 Juni 2017 • 12:48

Huawei Y3 (2017), Smartphone Murah


Huawei ternyata diam-diam menyiapkan dua varian dari smartphone seri Y3 (2017). Dua varian dengan nomor model CRO-L02 dan CRO-L22, dikabarkan telah berhasil melewati proses sertifikasi FCC. Ini berarti bahwa dalam waktu dekat, kita akan melihat dua varian ini diperkenalkan ke publik. Lalu apa saja perbedaan utama dari dua varian ini dengan Huawei Y3 (2017) versi aslinya?

Perbedaan utama antara kedua model yang diuji di FCC adalah jumlah kartu SIM yang dapat didukung oleh perangkat tersebut. CRO-L02 memiliki satu slot kartu SIM sementara CRO-L22 memiliki slot kartu SIM ganda. Selain perbedaan besar ini, sebagian besar fitur konektivitas antara kedua smartphone itu sama saja. Kedua perangkat dapat terhubung ke jaringan LTE namun terbatas pada yang berjalan pada band 5 dan 7. Selain itu, smartphone juga dapat terhubung ke jaringan GSM 2G GSM dan 3G WCDMA. Kedua perangkat tersebut memiliki dukungan untuk konektivitas Wi-Fi, Bluetooth dan 2.4GHz. Untuk kebutuhan navigasi konsumen, kedua model Huawei Y3 (2017) ini juga memiliki dukungan navigasi GPS.

Berdasarkan gambar teaser yang diposting oleh Huawei beberapa hari yang lalu, Huawei Y3 (2017) menargetkan pasar konsumen entry level karena konstruksinya dan materialnya yang bukan premium. Bagian depan perangkat berisi earpiece, sensor, dan kamera depan yang ditempatkan di bagian atas layar. Kurangnya tombol kapasitif di bawah layar menunjukkan bahwa perangkat ini masih menggunakan tombol navigasi di bawah layar.

Sementara bagian belakang perangkat berisi kamera belakang tunggal, lampu kilat, dan loudspeaker menghadap ke belakang. Pengguna dapat melepaskan panel belakang untuk mengakses slot kartu SIM. Sisi kiri perangkat terdapat tombol daya dan tombol pengatur volume. Di bagian atas perangkat, Anda akan menemukan audio jack 3,5mm sementara di sisi berlawanan Anda akan mendapati port microUSB dan lubang mikrofon.

Huawei Y3 (2017) sebenarnya telah diluncurkan bulan lalu, dengan standar spesifikasi smartphone entry level. Perangkat ini didukung oleh salah satu dari dua chipset besutan MediaTek, yakni MT6737M, dan MT6580. Smartphone ini dibekali dengan penyimpanan memori internal 8GB, dukungan RAM 1GB. Handset ini didukung oleh baterai 2.200mAh berjenis tidak dapat dilepas (unibody).

Di sektor fotografi, smartphone ini dilengkapi dengan kamera belakang dengan resolusi 8 megapiksel dan kamera depan resolusi 2 megapiksel. Smartphone yang menjalankan OS Android v6.0 Marshmallow ini menampilkan antarmuka EMUI yang didasarkan pada OS Android v6.0 Marshmallow.