pulsa-logo

Acer Kembangkan Platform Taksi Cerdas


Fauzi

Kamis, 22 Juni 2017 • 14:10

Acer Taxi Platform


Image Source: ShutterstockImage Source: Shutterstock

Punya nama besar sebagai pembesut PC, Acer, kini nampaknya mulai tertarik untuk menggarap segmen lain. Ya, seperti diberitakan situs DigiTimes, perusahaan asal Taiwan itu disebut telah mengembangkan sebuah platform taksi cerdas.

Platform taksi garapan Acer ini disebut hadir untuk memberi rekomendasi hot spot, lokasi di mana penumpang taksi potensial berada. Platform ini sudah lulus sertifikasi dan baru akan dioperasikan di beberapa penyedia layanan taksi di Taiwan pada paruh kedua 2017.

Platform taksi cerdas ini dikembangkan menggunakan teknologi AI (artificial intelligence) dalam rangka menganalisis Big Data pada taksi untuk menemukan titik panas yang menentukan hari dalam seminggu, interval waktu, kondisi cuaca, festival, dan event.

Seperti dikatakan Acer, platform ini akan memprediksi permintaan terhadap layanan taksi di berbagai area dengan menggunakan metode statistik dan algoritma machine learning. Selain itu, platform juga bisa merekomendasikan prioritas hot spot untuk sopir taksi.

Dikembangkannya platform ini bukan tanpa alasan. Seperti diketahui, di kota Taipei, taksi beroperasi rata-rata 2,32 jam sehari tanpa penumpang. Dengan platform ini diharapkan bisa mengurangi waktu kosong dengan merekomendasikan permintaan layanan taksi seara real-time. Berdasarkan perkiraan awal, platform tersebut dapat meningkatkan pengangkutan rata-rata 1-2 penumpang untuk setiap supir taksi. Hal ini setara dengan peningkatan pendapatan per bulan sebesar 99,3 sampai 198,7 USD.

Lebih jauh, Acer mengatakan bahwa platform ini sebagai upayanya dalam pengembangan solusi smart city.

Sumber: DigiTimes

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44