pulsa-logo

Apakah Ponsel Model Lipat Akan Bangkit Kembali?


Arief Burhanuddin

Jum'at, 23 Juni 2017 • 05:12


Minggu lalu, operator raksasa Eropa  Verizon mengumumkan kehadiran ponsel lipat LTE pertamanya. Hari ini (23/6), Smartphone lipat Samsung Galaxy Folder 2 resmi diluncurkan di Korea Selatan. Bedanya, ponsel lipat verizon menyasar segmen feature phone sedangkan Folder 2 tetaplah sebuah smartphone dnegna fitur Highend.

 

Kita ingat beberapa tahun lalu, Motorola juga pernah mengeluarkan seri ponsel lipatnya yang fenomenal yaitu RAZR. Ponsel lipatnya saat itu memiliki desain super tipis dengan desain terbungkus alumunium yang elegan. Nokia yang saat itu masih menguasia pasar ponsel pun pernah mengeluarkan beberap model flip phone seperti Nokia 6650Fold, Nokia 7510 Supernova, dan Nokia N76

 

Apakah kemunculan ponsel Verizon dan Galaxy Folder 2 merupakan tanda kebangkitan kembali desain ponsel lipat?

 

Samsung Galaxy Folder 2 sendiri memang masuk dalam kategori desain ponsel flip, namun intuitasnya tetap merupakan sebuah smartphone. 


Terdapat sebuah tombol besar D-pad yang tampilannya menonjol di bagian tengah yang dikelilingi dengan tombol-tombol shortcut untuk mengakses kontak, SMS, sosial media dan kamera. Di atasanya terdapat bar navigasi android yang tentu sudah familiar digunakan oleh pengguna smartphoe, namun kali ini hadir dalam bentuk fisik. 

 

Tak seperti ponsel lipat beberapa tahun lalu, saat ini bagian depan dan belakang Folder 2 didesain lebih halus  dan memberikan kesan grip pegangan yang sangat baik.

 

Smartphone ini didukung oleh sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. Terdapat kustomisasi yang mencakup widget yang menyediakan akses cepat ke pedometer dan informasi penggunaan data. Ada juga "Easy Mode" untuk mengatur ukuran icon dan teks.

 

Di bagian depan, terdapat layar 3,8 inci. Tidak ada layar tambahan di bagian depan. Folder 2 ditenagai prosesor quad-core 1.4GHz dengan RAM 2GB serta media penyimpanan 16GB. Ekspansi kapasitas dimungkinkan berkat slot kartu microSD. Baterai 1.950mAh melengkapi spesifikasi yang tersedia.

 

Galaxy Folder 2 akan tersedia dalam warna hitam atau merah anggur, dengan varian 3G dan LTE seharga 297.000 won (sekitar 3,3 juta rupiah).

 

Sumber artikel dan foto: 9 to 5 Google