pulsa-logo

Layar OLED Fleksibel dan Transparan Ini Terbesar di Dunia, Berapa Ukurannya?


Fauzi

Sabtu, 24 Juni 2017 • 09:54

OLED Display


Istilah layar OLED fleksibel mungkin sudah sering kita dengar sebelumnya. Walau belum diaplikasikan dalam produk yang bersifat massal, layar kategori ini ternyata terus dikembangkan, bahkan proses pembuatannya sudah mulai dilakukan.

LG, misalnya, perusahaan asal Korea Selatan ini, dikabarkan telah membuat layar berukuran jumbo yang bukan hanya besar, tetapi juga fleksibel dan transparan. Pasalnya, layar fleksibel berteknologi OLED yang diproduksi LG ini memiliki diagonal 77 inci. Tak ayal, layar LG ini pun digadang sebagai layar fleksibel dan transparan pertama di dunia dengan diagonal mencapai 77 inci.

Dengan diagonal layar mencapai 77 inci dan memiliki rasio 16:9, apabila layar didirikan secara tegak maka akan memiliki tinggi 170,5 cm.

Adapun untuk spesifikasinya, layar fleksibel ini memiliki resolusi UHD atau 3840 x 2160 piksel dengan tingkat transparansi 40%. Selain itu, layar juga bisa ditekuk sedemikian rupa hingga 80 derajat.

Meski dikatakan sudah diproduksi, namun jangan terlalu berharap LG bakal membuat TV atau monitor yang bisa melengkung dan transparan dalam waktu dekat. Teknologi semacam ini pada awalnya akan digunakan untuk perangkat signage dan sejenisnya. Pun demikian, ini tetap menjadi ilustrasi tentang seberapa jauh perkembangan layar OLED dalam beberapa tahun terakhir.

So, selangkah demi selangkah diharapkan pada saatnya nanti juga bakal datang sebuah perangkat elektronik konsumer dengan layar flesksibel, termasuk smartphone. Seperti kita ketahui, selain LG, ada perusahaan lain yang juga menggarap layar dengan kemampuan serupa, sebut saja Samsung dan Panasonic.

Sumber: The Verge