pulsa-logo

Nokia Luncurkan Smartwatch, Inilah Fitur dan Kisaran Harganya


Fauzi

Selasa, 27 Juni 2017 • 08:40

Nokia Smartwatch


Tak hanya ‘come back’ di bisnis smartphone, ternyata Nokia juga mulai menjajaki bisnis wearable device lewat smartwatch terbarunya. Smartwatch besutan Nokia ini disebut akan mencakup monitor dengan skala pintar, timbangan berat, monitor tekanan darah dan pelacak kualitas tidur.

Langkah Nokia dengan merilis smartwatch ini mungkin tidak berhubungan dengan akuisisi  perusahaan jam tangan populer beberapa waktu yang  lalu bernama Wantings. Gadget baru Nokia yang datang dengan harga termurah yang dilengkapi dengan fitur pelacak kualitas tidur disebut dengan Nokia Go, dan akan dibanderol dengan harga £ 39,95 (setara dengan Rp595 ribu-an). Nokia Go hadir dengan berbagai varian warna yang cerah, dengan tali karet yang terlihat mirip sekali dengan FitBit.

Gadget yang paling menarik adalah smartwatches bermerek “Nokia” yang mencakup jajaran mid-range Nokia Steel dan Nokia Steel HR. Smartwatch Nokia Steel memiliki tampilan jam tangan konvensional namun hadir dengan fitur pelacakan kualitas tidur dan pelacakan aktivitas latihan sehari-hari. Smartwatch mid-range tersebut juga dapat  disinkronisasikan dengan aplikasi smartphone khusus dan skala timbangan untuk badan pengguna.

Di sisi lain, Nokia Steel HR memiliki tampilan yang lebih premium yang sangat mirip dengan Steel namun hadir dengan lebih banyak fitur seperti monitor denyut jantung, kemampuan untuk menerima teks, panggilan dan menampilkan reminders atau jadwal acara yang dibuat .

Nokia Steel HR juga memiliki alat analisis siklus tidur. Sedangkan untuk masa pakai baterai, smartwatch ini diklaim bisa bertahan hingga 25 hari dengan pengisian daya penuh (fully charge). Dan kekuatan baterai inilah salah satu yang  menjadi daya tarik Nokia Steel HR yang membedakannya dari Apple Watch yang selama ini dikenal boros baterai. Nokia Steel dihargai £ 119 (setara dengan Rp1,7 juta-an), sedangkan Nokia Steel HR dihargai £ 169,95 (setara dengan Rp.2,6 juta-an).

Nokia Weighing scale dapat mengukur BMI dibanderol dengan harga  £59.95 (setara Rp900 ribu-an) dan  pengukur  Blood Pressure Monitor dipatok dengan harga £109.95 (setara Rp. 1,6 jutaan).

Semua gadget tersebut  akan terhubung ke aplikasi New Nokia Health Mate yang sudah tersedia untuk diunduh di toko aplikasi iOS dan Android. Adapun smartwatches, monitor BP dan skala Weighning (timbangan badan) tersedia di pasaran mulai September 2017.


Sumber: GizmoChina