pulsa-logo

Chipset Kirin Tercanggih Ini Siap Debut di Huawei Mate 10!


Galing

Selasa, 27 Juni 2017 • 18:13

Chipset Kirin 970, Spesifikasi Chipset Huawei, Spesifikasi Kirin 970 Buatan Huawei


Foto: Gizmo ChinaFoto: Gizmo China

Chipset Kirin 970 yang dikabarkan segera sambangi pasar dalam waktu dekat telah menjadi bahan pembicaraan terutama berkaitan dengan konfigurasi, sistem produksi hingga kapan waktu rilis resmi dari prosesor ini. Rumor sebelumnya mengatakan bahwa chipset ini akan diproduksi dengan proses 10nm yang bakal menggandeng pabrikan Taiwan, TSCM. Beberapa kendala dalam memproduksi chipset ini bahkan diklaim telah menyebabkan adanya penundaan rilis chipset ini. Meski demikian hingga saat ini belum ada satu kabar pun mengenai rentang waktu peluncurannya.

Seorang analis industri kenamaan, Pan Jiutang, dalam sebuah postingan media sosial baru-baru ini telah membeberkan beberapa rincian terkait chipset Kirin 970 ini yang dikatakan bakal mengusung GPU dengan performa yang lebih meningkat dibandingkan seri pendahulunya Kirin 960. Kirin 960 menggunakan GPU Mali-G71 MP8 yang kinerjanya memang agak tertinggal dibandingkan GPU yang dipakai oleh chipset milik sang rival Qualcomm Snapdragon 835 dan Exynos 8895.

Foto: Gizmo ChinaFoto: Gizmo China

Sang analis juga menegaskan bahwa chipset ini akan dibuat dengan proses 10nm yang akan segera dibenamkan pula pada perangkat terbaru milik Huawei yang akan mulai segera diproduksi secara massal dalam waktu dekat ini. Pan Jiutang memang tidak menyebutkan smartphone model apa yang bakal menggunakan chipset ini, namun sepertinya Huawei Mate 10 adalah perangkat yang dimaksud. Smarphone flagship generasi terbaru dari Huawei ini mungkin akan segera hadir pada kuartal pertama tahun depan.

Sementara itu menurut rumor sebelumnya, Kirin 970 akan datang dengan delapan inti prosesor yang terdiri dari empat inti Cortex-A73  dan empat inti Cortex-53 lainnya. Kabar lain bahkan menyebutkan adanya inti Cortex-A75. Adapun untuk kecepatan maksimal dari prosesor ini dikatakan akan sanggup melaju kencang dengan rentang antara 2,8-3,0GHz. Selain itu, Kirin 970 akan menyokong jaringan LTE Cat 12 yang merupakan chipset pertama buatan Huawei dengan proses produksi 10nm. (Galing)

Sumber: GizmoChina