pulsa-logo

Samsung Garap Baterai Solid State, Apa Istimewanya ?


Fauzi

Senin, 03 Juli 2017 • 10:14

Samsung Galaxy S8


Sebuah informasi yang terposting di Weibo menyebutkan bahwa Samsung sedang dalam tahap pengerjaan baterai solid state yang akan digunakan di smartphone Galaxy generasi mendatang.

Lalu apa istimewanya baterai yang sedang diproduksi oleh Samsung SDI tersebut? Salah satu keistimewaannya adalah baterai yang dibenamkan tersebut diklaim bisa bertahan lebih lama dari baterai Lithium-ion standar yang digunakan saat ini.

Perkembangan sel solid state sedang dilakukan oleh Samsung SDI, pisi perusahaan yang produsen baterai yang merupakan anak perusahaan Samsung dianggap adalah langkah besar dalam industri baterai smartphone. Seorang eksekutif dari Samsung SDI mengatakan bahwa teknologi untuk baterai Solid State yang digunakan dalam smartphone tersebut akan siap dalam satu sampai dua tahun. Pada saat itu, kabarnya Samsung Electronics akan menggunakan komponen baterai baru tersebut ke dalam handset generasi mendatangnya.

Baterai solid state berbeda dari sel Lithium-ion karena tidak menggunakan bahan liquid (cairan) untuk mmenghasilkan ion listrik. Jika cairan itu menyentuh udara atau air di luar baterai, kemungkinan ada resiko terbakar atau ledakan. Tahun lalu, Samsung harus me-recall phablet high-endnya yakni Samsung Galaxy note 7 dari pasar global setelah terjadi serangkaian ledakan pada perangkat tersebut. Baterai solid state menggunakan elektrolit yang cenderung bermasalah dan berpotensi memicu ledakan.

Samsung tampaknya bukan satu-satunya produsen smartphone dengan pisi khusus yang menggarap pada komponen sel solid state. Menurut eksekutif Samsung SDI, competitor sengit Samsung yakni LG Chem berada pada posisi yang sama dalam hal teknologi yang dibutuhkan untuk menghasilkan baterai solid state untukyang akan digunakan di dalam handset generasi masa depan.

Sumber: PhoneArena