pulsa-logo

Wow, TSMC Ternyata Besut Chipset Apple iPad Pro Terbaru!


Galing

Senin, 03 Juli 2017 • 16:54

New ipad Pro, TSMC Produksi Chipset iPad Pro


Apple akhirnya  meluncurkan produk iPad Pro terbarunya dengan chipset A10X pada awal Juni. Spesifikasi  pada chipset tersebut tidak dikonfirmasi saat itu, namun kini kabarnya chipset tersebut dirancang dengan proses 10 nm oleh TSMC.

Proses FinFET 10 nm A10X yang dirancang  oleh TSMC muncul untuk pertama kali dalam perangkat yang diterima oleh konsumen saat membeli produk ini. Sebelum event WWDC yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juni, SoC Apple yang paling kuat saat itu adalah A10 yang dibangun dengan proses FinFET 16 nm.

Foto: GSMArenaFoto: GSMArena

Penerapan proses 10nm yang baru memungkinkan ukuran chipset menjadi hanya sebesar 96,4 sq.mm atau berkurang hingga 24% dibanding SoC pendahulunya A10 dan 34% bila dibandingkan ukuran SoC A9X. Dengan demikian, A10X saat ini berhasil menjadi chipset terkecil buatan Apple yang pernah ada.

TechInsights menjelaskan lebih jauh lagi tentang arsitektur chip tersebut. Apple menyatakan bahwa A10X memiliki 3 pasangan inti CPU Fusion dan 12 Cluster GPU, juga terlihat pada A9X sebelumnya. 12 cluster GPU ada di sebelah kiri, sedangkan inti CPU dibenamkan secara berkelompok di bagian kanan. (Tary)

Sumber: GSMArena