Atrk
ads skin gagal

Sony Akan Stop Aplikasi TrackID untuk Android, Kenapa ?

  • Nariswari
  • Tuesday, 04 July 2017 14:42
  • Published in News

Track Id Images Data 2017 Juli Thumb Other400 0

Sony Mobile akan menghentikan aplikasi TrackID di Android bulan September ini. Setidaknya pengumuman itulah yang diungkapkan oleh pesan dalam aplikasi yang menyapa pengguna layanan pengenalan musik populer tersebut pada hari ini. Lalu apa gerangan yang mendorong Sony untuk menghentikan aplikasi tersebut?

Menurut produsen peralatan elektronik dan smartphone yang berbasis di Jepang itu, aplikasi TrackID akan ditutup secara resmi pada 15 September sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk terus fokus bergerak ke depan. Perusahaan tersebut tidak memberikan klarifikasi yang lebih rinci mengenai masalah ini, walaupun layanannya kemungkinan akan dihentikan karena kehilangan porsi yang signifikan dari basis penggunanya.

TrackID menjaring basis pengguna smartphone dan sistem operasi mereka, dengan mesin pencari dan pengenalan audio yang awalnya diluncurkan di ponsel berfitur bertenaga J2ME dan juga porting ke perangkat Nokia berbasis OS Symbian. Meskipun solusinya akhirnya berhasil masuk ke smartphone dan tablet Android sementara juga menerima perombakan desain utama pada awal tahun 2015, nampaknya aplikasi ini tidak pernah benar-benar dapat berhasil mencapai popularitas dibandingkan saat aplikasi ini hadir di hari-hari ketika Sony Ericsson masih ada.

Dan memegang pangsa pasar global yang lebih besar saat ini, Sony Mobile tentu memiliki  beban besar untuk mengembangkan aplikasi TrackID. Dengan penghentian TrackID, pengguna juga akan kehilangan riwayat pencarian dan identifikasi mereka yang tidak dapat ditransfer ke aplikasi lain. 

Sony Mobile tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang alasan yang menyebabkan keputusan perusahaan menghentikan aplikasi tersebut. Sony masih merekomendasikan pengguna untuk membuat ulang daftar mereka di aplikasi Android musik lainnya jika mereka ingin melakukannya, atau riwayat penggunaan mereka akan dihapus sepenuhnya dari server perusahaan setelah layanan resmi dimatikan pada akhir musim panas. Mereka yang ingin menghapus data mereka sebelum tanggal 15 September dapat melakukannya dari menu Setting di TrackID.

Selain memberi tahu pengguna tentang akhir hidup dari TrackID, pabrikan elektronik konsumen Jepang tersebut juga mendukung Shazam, solusi musik mobile serupa yang dirancang untuk pengenalan musik otomatis dan dulunya adalah pesaing langsung ke platform Sony. 

Layanan itu sendiri tidak pernah dikenal sebagai alat yang sangat akurat untuk mendeteksi banyak kategori musik klasik, dan terutama merancangnya dengan musik pop.

Ada informasi lain yang menyebutkan bahwa penutupan TrackID mengindikasikan bahwa raksasa teknologi tersebut belum tentu memiliki rencana untuk meluncurkan solusi alternatif TrackID.

Sumber: AndroidHeadlines

Rate this item
(0 votes)