pulsa-logo

Samsung Rela Gelontorkan Dana Ekstra Besar Demi Ini


Fauzi

Rabu, 05 Juli 2017 • 10:38

Samsung Galaxy S8


Samsung hingga saat ini masih menjadi pemimpin global dalam hal pembuatan komponen untuk smartphone dan perangkat cerdas lainnya. Namun, perusahaan asal Korea Selatan ini nampaknya tidak ingin berpuas diri dengan posisinya yang kuat tersebut. Samsung memiliki rencana yang lebih besar di sana.

Kemarin (4/7) Samsung mengumumkan bahwa mereka akan menginvestasikan dana sebesar 18,6 miliar USD untuk pengembangan teknologi chip memori, SoC, dan produksi layar OLED. Langkah investasi ini adalah untuk mendukung bisnis Samsung di tengah meningkatnya permintaan komponen tersebut.

Menurut Reuters, produsen memori akan mencatat rekor keuntungan pada 2017 karena tingginya permintaan komponen tersebut. Samsung berencana untuk membuat  jalur produksi baru untuk chip semikonduktor. Ini akan menelan biaya tambahan yang sangat besar yakni sekitar 5,2 miliar USD.

Untuk kuartal pertama tahun 2017, Samsung menyumbang 40,4% dari semua chip memori. Beberapa analis mengatakan bahwa mungkin ada sedikit kelebihan pasokan di tahun 2018, namun hal ini tampaknya tidak menghentikan perusahaan Korea tersebut untuk melakukan ekspansi.

Adapun Samsung Display akan menginvestasikan KRW1 triliun (868 juta USD) untuk mengatasi kebutuhan pasar layar OLED. Salah satu pembeli terbesar di tahun 2017 adalah Apple, yang memesan setidaknya 70 juta unit panel untuk iPhone 8 yang segera dirilis tahun ini.