pulsa-logo

Nokia dan Xiaomi Terlibat Perjanjian Lisensi Paten


Fauzi

Kamis, 06 Juli 2017 • 10:47

Nokia dan Xiaomi


Menurut sebuah pernyataan resmi, Nokia dan Xiaomi mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kerjasama bisnis dan perjanjian paten besar yang akan banyak memberikan pengaruh bagi bisnis mobile yang mereka jalankan.

Berdasarkan ketentuan dalam perjanjian ini, kedua perusahaan tersebut akan melisensikan hak paten standar seluler masing-masing, dan Xiaomi memperoleh hak paten tersebut.

Dalam perjanjian tersebut, Nokia akan menyediakan peralatan infrastruktur jaringan telekomunikasi untuk Xiaomi dan mendukung peningkatan kapasitas jaringan dan kinerja berdaya rendah dari smartphone buatan brand asal Tiongkok itu.

Kesepakatan itu juga menyebutkan bahwa kedua perusahaan akan bekerja sama erat dalam solusi transportasi pintar dan koneksi data, menjajaki peluang bisnis lebih jauh di bidang Internet of Things (IoT).

Analis mengatakan bahwa Xiaomi secara jeli akan mendapatkan keuntungan secara signifikan dari kesepakatan ini dengan menggunakan portofolio paten Nokia yang kaya dan sangat banyak untuk memperluas eksistensi mereka ke pasar barat.

Hingga saat ini Xiaomi telah hadir di lebih dari 30 negara dan wilayah, namun sebagian besar berada di wilayah Asia Tenggara. Adapun Nokia di sisi lain bisa belajar banyak dari ekosistem Mi Xiaomi yang saat ini memiliki 60 juta perangkat yang terhubung, dan 8 juta di antaranya aktif setiap hari! Ini jelas pencapaian luar biasa dari perusahaan yang baru dibangun oleh Lei Jun (CEO dan Founder) pada 6 April 2010 tersebut. Jauh masih tergolong baru jika dibandingkan dengan Nokia yang sudah malang-melintang di pasar global.

Sumber: GizChina