pulsa-logo

Sony Siapkan Xperia G8441


Fauzi

Kamis, 06 Juli 2017 • 14:39

Sony Xperia G8441


Meski memiliki nama besar, tak bisa dipungkiri bila di persaingan pasar smartphone Sony cukup terseok-seok. Terlebih dengan maraknya smartphone populer besutan brand asal China yang mulai menancapkan eksistensinya di pasar global seperti Meizu, Vivo, Oppo, dan Xiaomi.

Nah, di tengah persaingan yang kian ketat, Sony sepertinya belum akan menyerah. Terbukti, vendor asal Jepang ini diketahui tengah bersiap untuk meluncurkan smartphone Xperia terbaru yang membawa nomor model G8441.

Informasi ini terlihat pertama kali terlihat di database User Agent Profile (UAProf) milik Sony Mobile kemarin (5/7). Handset itu sendiri mungkin menjadi salah satu perangkat yang akan diluncurkan oleh produsen elektronik yang berbasis di Jepang (OEM) tersebut pada akhir musim panas.

Smartphone ini tampaknya akan menjalankan sistem operasi Android v8.0dengan perangkat lunaknya mungkin serupa dengan smartphone berbasis OS Android premium. Dengan desain slim (tipis) karena Sony biasanya memutuskan untuk tidak membuat smartphone dan tablet dengan bobot berat dan dimensi yang besar. Penampakan UAProf dari G8441 juga mengungkapkan bahwa handset tersebut akan mendukung konektivitas Bluetooth  versi terbaru yakni Bluetooth 5.0 dan didukung oleh sistem ARM-on-chip (SoC).

Sayangnya, belum ada rincian tentang ukuran layar perangkat di dalam daftar tersebut, bahkan resolusi pun tidak jelas disebutkan. Pada bagian dalam dokumen berisi rujukan ke resolusi Full HD (1920 x 1080), sementara yang lain menyebutkan bahwa G8441 hanya mendukung resolusi 1.280 x 720 piksel.

Detail khusus ini menunjukkan bahwa G8441 itu sendiri mungkin bukan termasuk smartphone premium seperti kebanyakan smartphone Sony Xperia premium yang dirilis sebelumnya.  Bisa jadi smartphone ini akan masuk ke  varian "Compact" dari seri Xperia. Demikian juga, ada kemungkinan kedua referensi terhadap resolusi handset itu adalah benar. Dan G8441 hanya beralih antara mode Full HD dan HD, seperti hal yang sama yang terjadi pada Sony Xperia Z5 dan Sony Xperia XZ Premium secara otomatis berubah antara resolusi 4K dan Full HD. Apapun, jumlah piksel sebenarnya menunjukkan bahwa perangkat khusus ini akan menampilkan layar dengan rasio aspek konvensional 16: 9.

Untuk mengingatkan Anda, beberapa hari sebelum muncul bocoran dari UAProf ini, sempat beredar bocoran informasi terkait smartphone lain dengan nomor model “G83XX” yang di mana nomor modelnya tidak lengkap. Model itu dikatakan sebagai salah satu dari dua ponsel premium Sony yang rencananya akan diluncurkan pada paruh kedua tahun ini. G8441 yang baru diresmikan mungkin merupakan revisi smartphone yang memiliki dimensi lebih kecil dan mungkindibekali dengan spesifikasi standar.


Desas-desus lainnya menyebutkan bahwa Sony diperkirakan akan ambil bagian dalam event IFA Berlin tahun ini yang dimulai pada 1 September 2017. Alhasil, besar kemungkinan Sony akan memperkenalkan jajaran smartphone andalannya di event tersebut.

Sumber: AndroidHeadlines