pulsa-logo

Facebook Siapkan Aplikasi Live Chat Video, Seperti Apa?


Fauzi

Kamis, 06 Juli 2017 • 16:32

Facebook Live Chat Video


Sebagai raksasa jejaring sosial, Facebook memiliki jumlah pengguna lebih dari 1 milyar di seluruh dunia. Dan Facebook juga memiliki ambisi besar untuk tetap menempati posisi dominan di bisnis tersebut. Berbagai cara dan strategi dilakukan oleh Facebook, guna menjaring lebih banyak pengguna. Selain menambah berbagai fitur baru, Facebook bahkan mengkloning fitur unik mereka. Dan salah satu fitur yang sering jadi objek cloning adalah fitur di Snapchat.

Kini, sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa Facebook segera meluncurkan aplikasi yang tampaknya akan memuat live chat video, yang banyak terinspirasi dari Houseparty. Disebut Bonfire, aplikasi tersebut dijadwalkan akan diluncurkan pada musim gugur tahun ini setelah melalui serangkaian pengujian beta yang melibatkan karyawan internal di Facebook.

Aplikasi Houseparty diluncurkan pada bulan September tahun lalu. Aplikasi sempat populer apalagi setelah tenggelamnya Meerkat, aplikasi live streaming yang pernah populer yang akhirnya berhasil bersaing ketat dengan aplikasi sejenisnya seperti Periscope yang dimiliki Twitter. Ben Rubin, salah satu pendiri Meerkat dan pengembang Life On Air, menyebutkan bahwa adopsi yang buruk sebagai alasan untuk meninggalkan aplikasi tersebut. Kemudian Life On Air beralih ke obrolan video grup dari live streaming dan diperkenalkan Houseparty. Aplikasi ini dirancang untuk menghubungkan komunitas melalui obrolan video dengan multi-pengguna dengan memberi tahu daftar teman pengguna saat mereka membuka aplikasi sehingga “pesta” chat dan obrolan live streaming dimulai.

Seperti Snapchat, Houseparty langsung menjadi hit di kalangan remaja, namun entah kenapa akhirnya runtuh seperti pendahulunya. Sebenarnya, Houseparty memperoleh lebih dari satu juta pengguna segera setelah diluncurkan di AS. Namun jumlah pengguna ini tidak banyak mengalami peningkatan yang signifikan. Ditambah lagi, bermunculan aplikasi saingan  yang menawarkan percakapan live streaming.

Mengamati kesuksesan Houseparty yang luar biasa di segmen obrolan video grup, kini Facebook terlihat mengkloning aplikasi tersebut. Ya, meski tidak ada detail tambahan yang tersedia saat ini. Apalagi di kabar tersebut juga menyatakan bahwa Facebook sedang mengembangkan aplikasi video mandiri lainnya yang disebut Talk, yang akan menghubungkan pengguna yang lebih muda dengan kakek dan nenek mereka. Seperti Bonfire, Talk juga saat ini tengah melalui serangkaian pengujian yang dilakukan oleh karyawan Facebook.

Sumber: AndroidHeadlines