pulsa-logo

Begini Cara OPPO Dukung Kelestarian Cagar Budaya


Hairuddin

Minggu, 09 Juli 2017 • 08:04

OPPO, BNI, Foto, Kontes, Cagar Budaya, Selfie Expert, F3, F3 Plus,


(Foto: PULSA/Hairuddin Ali)(Foto: PULSA/Hairuddin Ali)

Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pelestarian bangunan cagar budaya, OPPO Indonesia turut mendukung kontes fotografi bertajuk “BNI Heritage Digital Photography Contest” bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) 46.

“Kehadian kami disini tidak lain untuk menunjukan betapa OPPO sangat peduli dengan pelestarian cagar budaya. OPPO menganggap dokumentasi memiliki peran yang sangat penting dalam upaya pelestarian cagar budaya, hasil sebuah dokumentasi fotografi akan lebih mudah dalam memberikan gambaran sejarah, terlebih lagi di era modern sekarang ini fotografi dipermudah dengan kehadiran perangkat smartphone,” ujar Aryo Meidianto, Media Engagement OPPO Indonesia.

OPPO menganggap fotografi smartphone saat ini merupakan langkah awal dalam pelestarian cagar budaya dimana banyak masyarakat yang memanfaatkan perangkat smartphone mereka untuk berfoto di tempat – tempat cagar budaya atau bangunan bersejarah kemudian menyebarkan melalui media sosial mereka.

Tercatat ada sekitar 296 peserta yang mengikuti kontes foto yang berasal dari pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum. Pihak BNI tidak membatasi perangkat yang digunakan peserta (DSLR maupun smartphone) untuk mendokumentasikan spot-spot menarik di gedung yang sempat menjadi kantor utama BNI.

Selain mengadakan kontes, BNI 46 juga mengadakan workshop fotografi digital yang juga bertujuan untuk memberikan ilmu kepada peserta bagaimana mendokumentasikan cagar budaya baik dari sisi eksterior amupun interior. Kontes fotografi ini berhadiah total 26 Juta rupiah. Untuk pemenang pertama dari setiap kategori selain mendapatkan apresiasi berupa uang tunai, juga akan mendapatkan perangkat F3 edisi special Reza Rahadian limited Edition. Selain itu OPPO juga menyediakan doorpize untuk sesi workshop pada acara ini.