pulsa-logo

Pengembang Lokal Antusias Ikuti BEKRAF Developer Day di Palembang


dian iskandar

Minggu, 09 Juli 2017 • 14:49

Pengembang Lokal Antusias Ikuti BEKRAF Developer Day di Palembang


Foto: PULSAFoto: PULSA

Palembang - Badan Industri Kreatif Indonesia (Bekraf) hari ini menyelenggarakan Bekraf Developer Day (BDD) di Palembang. Kegiatan ini ditujukan untuk merangkul para pegiat di industri kreatif terutama yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi dan game. Ini merupakan serangkaian program Bekraf guna menggali potensi para developer lokal dimana saat ini Palembang dipilih menjadi kota kelima diselenggarakannya BDD.

Ajang yang pertama kali diselenggarakan di Palembang ini disambut baik oleh para peserta yang terdiri dari mahasiswa, pengembang aplikasi lokal perseorangan maupun perusahaan. Lebih dari 500 peserta mengikuti program ini. BDD menggandeng nara sumber dari para pelaku industry kreatif kaliber dunia seperti Google, Samsung, Microsoft juga IBM dan operator selular seperi Indosat dan XL.

Serangkaian kegiatan di Developer Day disiapkan untuk membantu para developer lokal mengetahui seluk beluk industri kreatif sebelum mereka terjun menjadi pebisnis. Diantara kegiatan tersebut, para mendapat pelatihan yang bersifat pebekalan dengan tujuan membantu para pelaku industry kreatif dalam menghadapi kendala yang ada.

Setidaknya ada 6 Deputi dengan masing-masing tugas yang disiapkan oleh Bekraf untuk para developer pemula, diantaranya; Bidang Permodalan, Infrastruktur, Promosi, HaKI dan Regulasi, Riset dan Pengembangan dan Hubungan Lembaga dan Wilayah.

Untuk bantuan HaKi misalnya, Bekraf akan membantu para developer baru baik perseorangan maupun perusahaan untuk mendaftarkan hak cipta produknya dengan gratis. Hak cipta tersebut bisa didaftarkan lewat aplikasi Biima yang bisa diunduh di Google Play Store.

Ajang BBD ini diharapkan bisa menumbuhkan para developer yang bisa mengangkat kearifan lokal dalam bentuk digital. Hal ini disampaikan Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungari.  Menurut Hari, developer yang baik adalah bisa membuat solusi terhadap masalah-masalah di sekitar kita.

Terkait dengan ajang Asian Game dimana Palembang termasuk daerah yang dipilih sebagai penyelenggara, Hari juga berharap ada aplikasi yang bisa membantu kegiatan tersebut lewat teknologi digital. (*)