pulsa-logo

Siri Jadi Asisten Digital Paling Populer di AS


dian iskandar

Rabu, 12 Juli 2017 • 16:35

Siri,Bixby,Cortana,Google Assistant,Artificial Intelligent,AI,kecerdasan buatan


ilustrasiilustrasi

Anda pasti sudah tahu fitur asisten digital berbasis ntelijensia buatan (AI) semisal Siri besutan Apple, Google Assistant punya google, Cortana keluaran Microsoft dan yang paling baru adalah Bixby milik Samsung. Tapi, manakah yang paling populer untuk saat ini?

Seperti dilansir Ubergizmo, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Verto Analytics (melalui AppleInsider), mereka telah menemukan bahwa di AS, Siri tampaknya memimpin dalam hal popularitas. Studi tersebut menemukan bahwa Siri memiliki 41,4 juta pengguna per bulan dari total kolam pengguna di AS sebesar 71 juta, yang berarti bahwa lebih dari setengah asisten AI yang digunakan sebulan adalah Siri.

Namun sebelum penggemar Apple terlalu bersemangat, nampaknya popularitas Siri semakin berkurang. Studi tersebut mengklaim bahwa antara Mei 2016 dan Mei 2017, Siri kehilangan 7,3 juta pengguna bulanan, meskipun mereka tidak sendirian karena Samsung S Voice juga turun cukup sedikit. Tapimengingat Samsung sekarang berfokus pada Bixby sebagai asisten AI barunya, tidak begitu yakin apakah itu representasi yang akurat untuk Samsung.

Verto juga mengemukakan bahwa kemunculan produk mandiri seperti Google Home dan Amazon Echo bisa menjadi alasan mengapa angka tersebut turun. Apple siap merilis HomePod akhir tahun ini, dan Samsung juga akan memiliki perangkat serupa berbasis Bixby. Tampaknya persaingan asisten digital ini bakal seru.  (*)

Sumber: Ubergizmo