Atrk
ads skin gagal

Telegram Diblokir! Tenang, Fitur Ini Sudah Ada di WhatsApp Terbaru

Ilustrasi Tele Vs Whatsapp Images Data 2017 Juli Thumb Other400 0

Aplikasi perpesanan Telegram kena ‘semprot’ Pemerintah dan terpaksa harus diblokir. Alasan dibalik pemblokiran itu tak lain karena pada layanan tersebut bermuatan propaganda radikalisme, terorisme, paham kebencian, dan lain-lain yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Tak dipungkiri bahwa fitur yang ada di Telegram tidak bisa diakomodasi oleh layanan yang lebih populer yakni WhatsApp. Sehingga, masih ada banyak pengguna yang terpaksa memasang dua aplikasi sekalius di satu ponselnya, yakni Telegram dan WhatsApp. Tapi, beberapa fitur-fitur unggulan di Telegram kini sudah diantisipasi oleh WhatsApp. Apa saja sih fitur yang kini sudah diadopsi WhatsApp yang sebelumnya juga sudah ada di Telegram?

1. Anggota Grup Lebih dari 200 Kontak

Salah-satu kelebihan Telegram dibanding dengan WhatsApp adalah jumlah kontak dalam satu grup bisa menampung 200 kontak, bahkan 1000 kontak. Tapi sejak Februari lalu, WhatsApp telah memperbarui aplikasi mereka sehingga bisa menampung 256 kontak. Memang, WhatsApp tampaknya masih berhati-hati dalam menambahkan jumlah peserta dalam satu grup. Mungkin karena ditakutkan akan banyak beredarnya Spam.

2. File sharing

Popularitas Telegram salah-satunya karena aplikasi tersebut memungkinkan untuk berbagi foto, video, file (doc, zip, mp3, dan lain-lain) dengan ukuran maksimum 1.5 GB per file. Sebelumnya, Whatsapp juga bisa digunakan untuk mengirim foto, video dengan ukuran maksimum 16 MB, juga file dokumen format MSWord dan PDF. Tapi pada update terbaru, Anda bisa mengirimkan file apa saja dengan besaran maksimal hingga 100 MB. Selain itu, WhatsApp juga memungkinkan Anda mengirim foto tanpa kompresi. Jadi kualitas foto tetap terjaga.

3. Keamanan

Sebelumnya Telegram juga dikenal sebagai aplikasi perpesanan yang aman. Ini karena Telegram Telegram dibekali fitur secret chat yang jauh lebih aman. Nah, WhatsApp pun telah meingkatkan keamanan bagi penggunanya yang dibekali dengan end-to-end enkripsi.

4. Bisa diakses lewat komputer/PC

Buat sebagian pengguna, melakukan obrolan via pesan teks lebih disukai dilakukan via computer atau PC.  Sudah pasti akan lebih mudah karena kenyamanan lebih baik ketika menggunakan keyboard fisik. Antara Telegram dan WhatsApp keduanya sudah memiliki layanan ini. Bedanya adalah, layanan WhatsApp yang dikenal sebagai Web for WhatsApp tetap membutuhkan smartpone yang aktif. Singkatnya,  WhatsApp hanya melakukan mirroring. Sedangkan Telegram bisa diakses lewat PC tanpa membutuhkan smartphone yang aktif sehngga bisa menghemat bateraai ponsel Anda.

Nah, dari 4 fitur yang memiliki kesamaan ini, menurut PULSA tetap ada fitur di Telegram yang belum diadopsi oleh WhatsApp. Misalya, untuk sticker. Telegram memungkinkan penggunanya membuat stiker sendiri. Slain itu, pilihan stiker di Telegram juga lebih banyak. (*)

 

Rate this item
(0 votes)