pulsa-logo

Alasan Xiaomi di Balik Keterlambatan Fitur Split Screen di MIUI


Fauzi

Senin, 17 Juli 2017 • 11:20

Xiaomi MIUI


Fitur split display sebenarnya sudah diterapkan oleh banyak vendor smartphone, bahakan sebelum Google menjadikannya sebagai fitur bawaan di Android Nougat. Perlu diketahui bahwa Samsung adalah salah satu pelopor awal dari pengembangan fitur split display dan menyebutnya Multi-Window. Dan hingga kini makin banyak vendor yang menerapkan fitur ini secara default untuk dihadirkan di perangkat terbaru mereka. Seperti halnya dengan Xiaomi yang dikabarkan akan menghadirkan fitur ini di update terbaru MIUI  tersebut.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa fitur ini hanya akan menyambangi perangkat Xiaomi yang mendapatkan  update MIUI 9 yang dijadwalkan diluncurkan bulan depan. Lalu ada pertanyaan yang cukup menggelitik dari banyak orang, mengapa Xiaomi terlihat begitu lama bahkan terkesan “ketinggalan” dalam menerapkan fitur split screen di MIUI ini?

Xiaomi akhirnya memutuskan untuk menjelaskan mengapa mereka butuh waktu lama untuk menerapkan split screen di MIUI.

Alasan pertama adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk membahas fitur baru dan bagaimana semua hal yang terkait dengan fitur yang dibawanya itu akan mempengaruhi penggunaan perangkat dan pengalaman pengguna. Xiaomi  juga harus mencari cara untuk menerapkannya di berbagai ponsel Xiaomi yang menjalankan berbagai versi Android.

Masalah lain yang harus mereka hadapi adalah mendesain ulang menu dan task di fitur ini untuk mengakomodasi fitur split screen. Melakukan hal itu meningkatkan beberapa masalah sebelumnya yang sudah ada dalam menu aplikasi yang sudah default sebelumnya.

Selain itu, Xiaomi juga menyebutkan beberapa masalah dengan fitur split sceen ini. Kompatibilitas masih terbatas pada sejumlah aplikasi MIUI dan bahkan beberapa aplikasi pihak ketiga.

Jika semuanya beres, kita mengharapkan bahwa fitur ini akan  tersedia pada peluncuran pertama MIUI 9.


Memasuki mode split screen di MIUI 9 sangatlah mudah. Setelah berada di menu aplikasi yang baru ini, ketuk ikon di pojok kiri atas dan Anda dapat menyeret bar aplikasi ke setengah vertikal layar.

Beberapa fitur canggih yang hadir termasuk dua kali mengetuk jendela split untuk mengubah posisi aplikasi atau dua kali mengetuk tombol aplikasi untuk beralih ke aplikasi sebelumnya.

Untuk keluar dari modus ini juga mudah. Anda dapat menarik salah satu aplikasi sampai benar-benar mengambil keseluruhan layar atau menggunakan tombol layar terpisah saat Anda berada di menu aplikasi ini.

Sumber: GizmoChina