pulsa-logo

Terkait Situasi Politik, WhatsApp Diblokir di Cina?


Arief Burhanuddin

Rabu, 19 Juli 2017 • 14:12

whatsapp, whatsapp china, blokir whatsapp, whatsapp diblokir


credit: Kevin Frayer/Getty Imagescredit: Kevin Frayer/Getty Images

Whatsapp, aplikasi perpesanan milik Facebook tampak mengalami gangguan dan mungkin sedang dalam proses untuk sepenuhnya diblokir, demikian menurut para ahli yang dikutip oleh Independent.

 

laporan dari pengguna WhatsApp mengabarkan bahwa  aplikasi chat populer tersebut tidak dapat diakses dengan benar lagi kecuali jika mereka menggunakan VPN untuk mengirim lalu lintas internet mereka ke luar negeri terlebih dahulu dan mengitari sistem firewall Cina yang kondang disebut sebagai "The Great Firewall".

 

WhatsApp, yang dimiliki oleh Facebook dan menawarkan enkripsi end-to-end, memiliki pengguna  yang relatif kecil namun militan di Cina mengingat tingkat privasinya yang lebih tinggi daripada aplikasi chat domestik serupa seperti WeChat yang lebih sering dipakai di Cina, namun dipantau dan disaring dengan ketat oleh pemerintah.

 

Gangguan pada WhatsApp ini terjadi di tengah situasi politik yang kurang kondusif di Cina. Saat ini, pemerintah Cina sedang mempersiapkan sebuah kongres partai yang sensitif sementara kamis lalu, Liu Xiaobo, -peraih Hadiah Nobel Perdamaian dunia-, meninggal di sel tahanan pemerintah dan badan sensor Cina berusaha membatasi mention tokoh tersebut di sosial media. 


 

Sebuah laporan yang dibuat minggu ini oleh Laboratorium Warga Universitas Toronto menjelaskan bahwa mekanisme sensor di China dapat mencegat,-secara real time-, foto-foto untuk memperingati kematian Liu dalam percakapan pribadi satu lawan satu di WeChat. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah Cina memiliki kemampuan untuk pengenalan gambar yang canggih.

 

Secara kebetulan Selasa kemarin, pengguna WhatsApp di China hanya bisa mengirim teks melalui WhatsApp tanpa menggunakan VPN, tapi mereka tidak bisa mengirim gambar.

 

Nadim Kobeissi, seorang peneliti kriptografi yang berbasis di Paris yang telah menyelidiki gangguan WhatsApp mengatakan bahwa dia yakin The Great Firewall hanya memblokir akses ke server WhatsApp yang mengelola lalu lintas media antar pengguna, sementara mereka membiarkan server yang menangani pesan teks berjalan dengan normal. Dia mengatakan pesan suara juga nampaknya diblokir.

 

Sumber artikel dan foto : Independent