pulsa-logo

Catat! Windows Phone Lama Tidak Akan Kebagian Windows 10 on ARM


Galing

Kamis, 20 Juli 2017 • 17:42

Windows 10 ARM, Windows 10 on ARM, Windows 10 untuk ARM, Windows Phone


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Akhir tahun ini, Microsoft diperkirakan akan meluncurkan Windows 10 di perangkat dengan chipset berarsitektur ARM atau secara singkat disebut Windows 10 on ARM. Ide awalnya, menurut salah seorang petinggi Microsoft bernama Joe Belfiore, adalah memberi konsumen pengalaman penuh Windows 10 pada perangkat mobile yang didukung oleh chip dengan menggunakan arsitektur ARM. Apalagi sekarang ini makin banyak perangkat baru yangmenggunakan chipset Snapdragon yangmenawarkan baterai awet serta berkapasitas besar. Belfiore menambahkan bahwa teknologi ini tidak akan kompatibel dengan ponsel Windows lama yang beredar sebelumnya.

Menjalankan Windows 10 secara penuh,Microsoft tentu perlu melakukan perubahan signifikan pada UI platformbesutannya. Alasan utama yang mendasari hal ini adalah perbedaan pada besar ukuran layar antara komputer desktop, tablet dan smartphone. Salah satu cara agarWindows 10 pada Windows Phone bekerja adalah dengan Continuum. Dengan Continuum, sebuah ponsel Windows dapat pengguna hubungkanke layar berukuran desktop. Namun demikian pada umumnya, Windows 10 pada ARM memang bukanlah sebuah platform yang dapat berjalan pada perangkat mobile. Seperti yang dikatakan Belfiore, untuk pengalaman seperti smartphone yang  menggunakan chipset ARM, Microsoft menawarkan perangkat Windows 10 Mobile.

"Upaya kami untuk menghadirkan Windows 10 ke perangkat dengan  ARM adalah untuk menyajikan pengalaman pengguna layaknya menggunakan PC pada perangkat yang dibangun diatas chipARM. Sehingga mereka dapat terhubung setiap saat serta ditunjang pula dengan daya tahan baterai yang cukup panjang. Dengan demikian pengalamanyang akan diwujudkanadalah pengalaman PC desktop, bukan menyajikan pengalaman ponsel pada ponsel yang menggunakan chipset ARM. Sementara untuk memperoleh pengalaman layaknya sebuah ponsel,kami memiliki platform Windows 10 Mobile. Sedangkan untuk Windows 10 pada ARM yang akan kami berikan ini adalah pengalaman layaknya sebuah desktop PC yang memiliki daya tahan baterai yang sama seperti yang akan Anda peroleh pada prosesor ARM."Ujar Joe Belfiore.

Meskipun telah ada pembicaraansebelumnya terkait dengan kemungkinan  Microsoft yang akan menjajaki pasar smartphone denganmenggarap Microsoft Surface Phone, namun kabar itu belum dikonfirmasi lebih lanjut oleh Belfiore. Malah tampaknya, Microsoft  lebih condong berinvestasi dan fokus pada  gagasannya untuk masuk ke tablet. Sebagai contoh, Microsoft telah menguji beberapa fitur untuk tablet generasi terbaru. Bulan lalu, adapermohonan paten baru yang diajukan oleh Microsoft. Dokumen yang diajukan oleh Microsoft  tersebut mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut sedang mengerjakan  perangkat tablet yang memiliki desain yang dapat dilipat.(Nariswari/Galing

Sumber: PhoneArena