pulsa-logo

Kembangkan Ponsel Modular, Facebook Ambil Alih Project Ara?


Galing

Jum'at, 21 Juli 2017 • 19:45

Project Ara, Facebook Ambil Alih Pengembangan Ponsel Modular, Facebook Siap Produksi Ponsel Modular, Facebook Jadi Produsen Ponsel


Foto: Phone ArenaFoto: Phone Arena

Para pembaca tentu masih mengingat keberadaan proyek pengembangan ponsel modular oleh Google yang disebut sebagai Project Ara, bukan? Proyek pengembangan yang harus dimatikan sebelum sempat menghasilkan satu prototipe produk ini menuai banyak sekali kekecewaan. Berbeda dengan Moto Mods milik Motorola yang telah menghasilkan cukup banyak produk, Ara besutan Google ini yang merupakan penerapan besar dari modularitas sebuah perangkat mobile harus menemui ajalnya bahkan sebelum melahirkan sebuah produk sekalipun.

Keputusan Google untuk menghentikan pengembangan proyek ini rupanya dianggap sebagai sebuah peluang yang cukup menggiurkan oleh Facebook. Raksasa sosial media milik Mark Zuckerberg ini secara diam-diam sepertinya tengah berupaya melakukan penelitian dengan membentuk sebuah pisi baru dalam perusahaan yang disebut “Building 8”. Seluruh karyawan yang terlibat dalam pisi baru ini bahkan sebelumnya sempat berkiprah dalam “Project Ara”. Facebook bahkan menunjuk Regina Dugan yang sebelumnya menjabat sebagai kepala pengembangan “Project Ara” sebagai kepala dari pisi baru ini.

Foto: Phone ArenaFoto: Phone Arena

Tak sampai disitu, Facebook baru-baru ini telah diketahui mengajukan sebuah aplikasi paten dengan deskripsi sebagai sebuah chassis dan berbagai macam modul fungsi yang dapat dihubungkan kepada chassis tersebut. Sementara tujuan penggunaannya disebutkan untuk smartphone dan speaker pintar yang secara gamblang menunjukkan kemiripan dengan apa yang tengah dikembangkan oleh Project Ara sebelum ditutup oleh Google.

Namun begitu pembaca sebaiknya tidak perlu terlalu antusias dulu karena peluang produk tersebut untuk dapat segera diproduksi masal dan dikirimkan kepada pengguna sebagai barang jadi mungkin akan memakan waktu bertahun-tahun. Apalagi dari catatan Facebook yang selama ini memang terbilang minim pengalaman dalam memproduksi sebuah perangkat jadi yang siap untuk dipakai oleh konsumen. (Galing)

Sumber: PhoneArena