pulsa-logo

Intel Tuding Qualcomm Memonopoli Pasar


Fauzi

Senin, 24 Juli 2017 • 11:11

Intel Qualcomm


Qualcomm dikabarkan sedang terlibat dalam pertempuran hukum melawan Intel yang tak lain adalah kompetitornya di bisnis prosesor. Tuntutan terbaru berasal dari Intel, yang mengklaim bahwa Qualcomm mengenakan biaya lima kali lipat lebih banyak untuk penggunaan lisensi sementara pada saat yang sama menawarkan harga chip yang lebih rendah untuk produsen ponsel.

Intel telah mendesak International Trade Commission (ITC) untuk menyelidiki Qualcomm, karena selama ini Qualcomm dituding tidak memiliki lisensi teknologi dengan persyaratan "adil, masuk akal dan tidak diskriminatif" dan mengenakan tarif tinggi yang tidak masuk akal.

Qualcomm di sisi lain mengatakan  bahwa Intel menggunakan hak paten di modem dan teknologi LTE tertentu secara tidak sah.

Klaim Intel datang hanya sehari setelah berita bahwa empat perusahaan yang menyediakan suku cadang untuk iPhone dan iPad menuduh Qualcomm melakukan “tindakan tidak adil” terkait  paten Qualcomm.

Intel akhirnya diselidiki oleh FTC dan sudah dihukum denda oleh pemerintah Korea Selatan. Dan jangan lupa Qualcomm sudah mengklaim bahwa Apple secara artifisial membuat modemnya lebih lambat dari pada Intel. Hingga kini, belum ada pernyataan resmi dari pihak Qualcomm menanggapi tudingan dari Intel, dan langkah hukum apa lagi yang akan disiapkan oleh kedua belah pihak.

Sumber: Engadget