pulsa-logo

Qualcomm Digugat Empat Perusahaan Asal Taiwan


Fauzi

Senin, 24 Juli 2017 • 13:53

Qualcomm


Sengketa paten antara Apple dan Qualcomm kian meluas. Hal itu setelah empat perusahaan asal Taiwan yang notabene sebagai mitra Apple, bersama-sama mengajukan gugatan terhadap Qualcomm di Amerika Serikat. Demikian seperti dilansir laman DigiTimes.

Empat perusahaan yang dimaksud antara lain Foxconn Electronics, Compal Electronics, Wistron, dan Pegatron. Keempatnya melakukan gugatan lantaran menganggap biaya lisensi dari Qualcomm yang dianggap mahal dan praktik lisensi yang ilegal.

Qualcomm diketahui telah melakukan tuntutan hukum kepada keempat mitra Apple tadi lantaran tidak membayar royalti, dengan mengklaim bahwa Apple telah memberi saran keempat perusahaan untuk menahan pembayaran royalti dan menyetujui untuk mengganti kerugian terhadap segala dampak yang diakibatkan oleh pelanggaran perjanjian mereka dengan Qualcomm.

Terkait dengan langkah yang diambil, salah satu dari empat perusahaan yang ikut terlibat, yakni Foxconn disebut telah menunjuk sebuah konsultan hukum di Amerika Serikat bernama Gibson, Dunn & Crutcher. Semetnara Compal dan Pegatron, keduanya menolak untuk mengomentari laporan tersebut.

Di sisi lain, Qualcomm dilaporkan telah mulai mengambil tantangan dari sengketa hukum yang sudah berlangsung lama ini. Pembesut chipset papan atas ini mengumumkan bahwa keuntungan bersih perusahaan untuk Q3 yang berakhir pada 25 Juni 2017 turun 40% menjadi 900 juta USD.

Qualcomm menuding bahwa penurunan pendapatan tersebut akibat dampak dari tindakan yang diambil oleh perusahaan mitra Apple, yang tidak melaporkan sepenuhnya dan tidak membayar royalti dari penjualan produk Apple.

Sumber: DigiTimes