pulsa-logo

Update iOS 11 Bisa Tolak Sinyal Wi-Fi Lemah?


Galing

Selasa, 25 Juli 2017 • 19:09

Update iOS 11, Fitur Anyar iOS 11


Peluncuran iOS 11 beta 4 versi developer pada hari ini akan mencakup pula fitur baru yang akan menonaktifkan auto-join pada jaringan Wi-Fi dengan sinyal lemah. Adapun auto-join sendiri adalah kemampuan yang memungkinkan perangkat tersambung kembali pada jaringan Wi-Fi yang sebelumnya telah Anda simpan kata sandinya. Kemampuan tersebut diawali debutnya pada versi beta IOS 11, caranya pengguna cukup mengetuk "I" yang dilingkari di sebelah jaringan Wi-Fi di setelan.

Foto: Phone ArenaFoto: Phone Arena

Kehebatan fitur baru ini adalah jika pengguna mengaktifkan "Ask to Join Networks", semua jaringan Wi-Fi yang lemah tidak akan mengganggu Anda dengan permintaan untuk menghubungkan iPhone dengan jaringan tersebut.

Anda mungkin ingat bahwa beberapa tahun yang lalu Apple menyertakan "Wi-Fi Assist" di iOS 9. Dengan fitur ini, jika sinyal Wi-Fi Anda terhubung dan mulai kehilangan kekuatan sinyal, Anda akan terhubung secara otomatis ke Jaringan selular operator Anda.

Sayangnya ketika fitur ini pertama kali meluncur, semuanya dalam posisi aktif secara default. Akibatnya banyak pengguna iPhone mengira bahwa mereka sedang terhubung ke jaringan Wi-Fi meski pada kenyataannya, mereka telah terputus dari jaringan Wi-Fi yang lemah dan menggunakan jaringan operator mereka. Hal ini tentu menimbulkan lonjakan tagihan data yang sangat tinggi. Pada akhirnya, gugatan class action diajukan oleh para pengguna. Sehingga sekarang fitur Wi-Fi Assist tidak akan aktif secara default.

Pembaruan yang hadir pada iOS 11 beta 4 ini kini mencoba membenahi hal tersebut dengan mencegah perangkat terhubung kembali ke jaringan Wi-Fi lemah sambil memastikan agar perangkat tidak serta-merta menggunakan jaringan data dari operator. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir dengan lonjakan tagihan akibat penggunaan data yang meningkat. (Tary/Galing)

Sumber: PhoneArena