pulsa-logo

Trump: Apple akan Bangun Tiga Pabrik di AS


dian iskandar

Rabu, 26 Juli 2017 • 08:39

Apple akan Bangun Tiga Pabrik di AS,iPhone,foxconn


ilustrasiilustrasi

Sejak masa kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump yang kala itu menjadi kandidat sering menyinggung Apple agar mau membuka pabrik di dalam negeri. Tapi tampaknya, Apple mau menuruti pemintaan itu.  Seperti dilansir Phonearena yang mengutip informasi dari WSJ, Presiden Donald Trumpmengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Apple akan membangun tiga pabrik di AS.

Kabar ini memang belum keluar dari Apple, namun Trump menyatakan bahwa dia diberitahu oleh CEO Apple Tim Cook bahwa akan membangun "tiga pabrikbesar, pabrikyang indah." Presiden mengatakan di Majalah Time setelah pemilihan tahun lalu, bahwa dia ingin Apple membangun pabrik terbaiknya di AS.

Trump tidak memberikan secara spesifik tentang pabrik baru ini seperti di mana mereka akan dibangun, atau apa yang akan mereka hasilkan. Apple mengatakan bahwa termasuk 80.000 karyawan berbasis di AS, dia mendukung 2 juta pekerjaan di negara bagian saat mempertimbangkan pemasok, pengembang aplikasi dan lainnya.

Apple masih mengandalkan beberapa produsen kontrak yang berbasis AS untuk membangun beberapa model Mac, produk seperti iPhone dan iPad dibuat di Cina oleh produsen seperti Foxconn dan Pegatron. Trump mengatakan hari ini bahwa Foxconn akan membangun pabrik di Wisconsin, namun pabrik ini diharapkan bisa mengubah panel display untuk pesawat televisi dan tidak terkait dengan produksiperangkat Apple.

Karena Apple secara historis mengandalkan produsen kontrak untuk membangun produknya, raksasa teknologi itu hanya memiliki satu pabrik dan itu adadi Irlandia. Membangun tiga pabrik baru di A.S. akan menjadi perubahan besar bagi Apple, yang telah membangun rantai pasokan yang canggih di luar negeri yang memungkinkannya memperoleh margin besar pada perangkat mobile-nya. (*)

Sumber: WSJ via Phonearena