pulsa-logo

Indonesia Jadi Pasar Terbesar Instagram di Asia


Fauzi

Rabu, 26 Juli 2017 • 14:54

Instagram


Baru-baru ini Instagram merilis angka pengguna aktifnya di Indonesia. Dalam keterangan resminya, Instagram mengumumkan bahwa lebih dari 45 juta orang Indonesia adalah pengguna aktif Instagram, meningkat secara signifikan dari 22 juta pengguna aktif di awal 2016. Angka ini memposisikan Indonesia sebagai komunitas terbesar Instagram di Asia Pasifik dan salah satu pasar terbesar di dunia dari total 700 juta pengguna aktif setiap bulan di dunia saat ini.

Selain itu, Indonesia juga merupakan negara pembuat konten Instagram Story terbanyak, di mana pengguna Indonesia mengunggah konten dua kali lebih banyak dari jumlah konten rata-rata Instagram Story secara global. Pesatnya pertumbuhan konten ini merefleksikan besarnya semangat komunitas di Indonesia untuk berbagi cerita, mengembangkan minat serta mempererat jejaringlewat kegiatan InstaMeet yang digelar di Jakarta, yang merupakan pertemuan InstaMeet terbesar di dunia.

“Bagi masyarakat Indonesia, berbagi momen penting merupakan bagian dari budaya, sehingga tak heran Indonesia menjadi salah satu penghasil konten Instagram Story terbanyak, dimana  pengggua di Indonesia mengunggah hampir dua kali lebih banyak konten Instagram Story dari jumlah rata-rata secara global,” tutur Sri Widowati, Country Director – Indonesia, Facebook.

Komunitas Instagram juga terbentuk dari kesamaan minat, sehingga berperan besar dalam memperkuat hubungan antara inpidu dan bisnis. Saat ini, 80% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis, dan sepertiga dari konten Instagram Story yang paling banyak dilihat dari akun-akun bisnis. Hal ini membuktikan peran Instagram sebagai wadah yang mendukung pertumbuhan berbagai bisnis lokal, khususnya UMKM di Indonesia.

Selain mengumumkan pencapaiannya di Indonesia, Instagram juga mengungkapkan bawha Blibli.com adalah perusahaan Indonesia pertama yang menggunakan format visual Instagram terbaru, yaitu iklan di Instagram Story. Promosi yang diluncurkan Blibli.com di Instagram Story ini disebut memberikan hasil yang memuaskan, termasuk peningkatan sebesar 22-poin peningkatan ad recalldan 7-poin peningkatan dalam hal paparan pesan pada kalangan perempuan berusia 25-34 tahun. Selain itu, Blibli.com mencatat kesukses di luar brand metrics denganhampir5.000 kenaikan konversi sebagai hasil dari iklan dalam Instagram Story.