pulsa-logo

Program 1000 IP Siap Bawa Industri Game & Kreatif Lokal Go Internasional


Hairuddin

Kamis, 27 Juli 2017 • 16:04

CAKRA, True Digital Plus, True Axion Interactive, Game, Develover, 1000 IP,


Berdasarkan data riset Newzoo, sepanjang semester awal 2017 pasar game Indonesia sudah hampir menyentuh angka $900 juta dengan CAGR (Compound Annual Growth Rate) naik 200% setiap tahunnya dari tahun 2015 dan menjadikannya tertinggi di dunia. Hanya saja, porsi kue yang dikuasai pengembang lokal ternyata hanya kurang dari 1%.

 

Ivan Chen, Founder dan Kepala Bidang Games CAKRA mengungkapkan “Kami bermaksud membentuk suatu ekosistem positif dengan membangun kolaborasi lintas sektor ekonomi kreatif dan melibatkan berbagai pihak terkait hingga dapat mempercepat akselerasi industri kreatif Indonesia. Pada akhirnya inisiasi ini kami harapkan dapat mendukung program pemerintah mencapai 50% kontribusi pengembang lokal di industri pasar game dan kreatif  Indonesia pada tahun 2020”.

Ini lah salah satu alasan CAKRA (Cipta Kreasi Indonesia) selaku Asosiasi Industri Kreatif di Indonesia bekerjasama dengan dengan True Axion Interactive (Akademi & Studio), dan melahirkan program unggulan “1000 IP” (IP: Intellectual Properties). Kerjasama ini membuka luas kesempatan Transfer Teknologi dan Proses Manajemen selain tentunya membuka akses ke pasar internasional bagi para pengembang lokal.

 

“Secara kapabilitas kita tertinggal cukup jauh dari negara lain, kami mengamati perkembangan beberapa tahun terakhir ini dan menyadari Indonesia memiliki potensi luar biasa besar di industri game, diharapkan dengan berjalannya program 1000 IP pengembang lokal mampu menguasai tidak hanya pasar Indonesia namun juga mendapat akses ke pasar global”, tambah Ivan.

 


Pasar Industri game pada tahun 2017 diperkirakan akan mencapai pendapatan global sebesar US$106.700 (seratus enam ribu tujuh ratus) juta, jauh lebih besar dibandingkan gabungan pendapatan gabungan musik dan film yang lebih dekat dengan masyarakat umum.

 

“True Axion Interactive menyadari Asia Tenggara akan menjadi battleground berikutnya di peta industri video game, salah satu yang kami pilih adalah Indonesia dengan membantu pengembang lokal naik ke level berikutnya yakni bertaraf dan bersertifikasi internasional hingga mampu mengisi posisi strategis di dunia global.” ungkap Jessie Boonyawattanapisut, Chairwoman and CEO True Axion Interactive.

 

True Axion Interactive akan membawa program Akademi dan Studio mereka untuk melakukan transfer manajemen produksi dan teknologi hingga daya saing dan kompetensi nasional meningkat. Mindset dan fokus harus diubah dari pembuatan game atau konten kreatif untuk ‘pasar domestik’ menjadi untuk ‘pasar dunia atau ekspor’.

“Hal ini akan membuka peluang lebar bagi Indonesia untuk menjadi pusat industri game dan konten kreatif di Asia Tenggara hingga kemudian mampu menjadi pemeran utama industri game dan konten kreatif global.” ungkap Sofian Martineau, Country Head True Digital Plus Indonesia.