pulsa-logo

Muncul Lagi, Akankah Ponsel Lipat Samsung Galaxy X Segera Dirilis?


Fauzi

Senin, 31 Juli 2017 • 09:29

Samsung Galaxy X


Revolusi desain pada layar smartphone yang selama ini banyak diperbincangkan adalah layar lipat (foldable display). Layar ini dapat benar-benar dilipat seperti layaknya Anda melipat dompet.

Bisa Anda bayangkan, layar smartphone milik Anda dilipat macam itu? Keren bukan? Ya, dan inovasi inilah yang belakangan ini sedang digarap oleh perusahaan smartphone dan elektronik raksasa yang berbasis di Korea Selatan, Samsung. Samsung sejak beberapa bulan yang lalu dikabarkan sedang menggarap smartphone yang memiliki desain layar foldable yang dikenal dengan Samsung Galaxy X.

Dan kini, sebuah kabar terbaru yang dirilis dari PhoneArena menyebutkan bahwa Samsung Galaxy X, telah mengantongi sertifikasi dari Bluetooth SIG. Ini adalah indikasi kuat bahwa Samsung Galaxy X segera akan dirilis.

Di laman sertifikasi Bluetooth SIG, smartphone ini didaftarkan oleh  Samsung dengan nomor model “SM-G888N0”. Nomor model ini memang terlihat tidak sesuai dengan perangkat yang selama ini  dikenal dalam jajaran Samsung Galaxy saat ini, juga tidak sesuai dengan produk Samsung yang akan datang. Sedikit berbeda pola penamaannya.

Sebelum terlihat di dokumen sertifikasi Bluetooth SIG, nomor model Samsung Galaxy X ini sebelumnya terlihat juga di laman sertifikasi Wi-Fi dari Wi-Fi Alliance. Di laman Wi-Fi Alliance, perangkat itu disebutkan bahwa akan menjalankan Android bukan versi yang terbaru, yakni OS Android v6.0.1.

Di dokumen Bluetooth SIG mengungkapkan bahwa “SM-G888N0” akan mendukung koneksi Bluetooth 4.2 pada saat didaftarkan di sertifikasi tersebut. Menimbang bahwa Galaxy S8 dan Galaxy S8+ telah didukung oleh koneksi Bluetooth versi paling baru yakni Bluetooth 5.0. Rasanya agak aneh bagi perangkat premium seperti Samsung Galaxy X untuk menampilkan teknologi Bluetooth dan sistem operasi Android yang versinya agak ketinggalan.

Agak disayangkan, karena kemungkinan besar informasi ini memang valid dan akurat. Mengingat  smartphone ini telah disertifikasi oleh Wi-Fi Alliance dan SIG Bluetooth yang merupakan lembaga sertifikasi  resmi untuk mendukung koneksi Bluetooth dan Wi-Fi..


Samsung dikabarkan akan mempersiapkan untuk peluncuran  Samsung Galaxy X di sekitar kuartal ketiga 2017 dan kuartal pertama 2018.

Sekitar bulan Januari 2017, banyak pihak yang memprediksi bahwa smartphone berdesain layar lipat  ini sepertinya akan dirilis tahun 2018.

Prediksi terbaru menyebutkan bahwa smartphone ini memiliki layar bisa ditekuk dan akan terdiri dari dua panel berbeda yang dihubungkan oleh engsel yang sangat kuat yang ditempatkan di tengah-tengah layar.

Sebenarnya, konsep smartphone lipat ini bukan Samsung saja yang menggarapnya. Pekan lalu, Lenovo mencantumkan nama konsep tablet yang bisa dilipat, yang kini disebut Lenovo Folio. Perangkat ini adalah tablet dengan layar 5,5 inci saat dilipat, dan  dengan layar 7,8 inci saat direntangkan. Konsep tablet dengan layar bisa lipat ini telah muncul dua tahun berturut-turut di acara Tech World Lenovo. Meski Lenovo belum memberikan informasi kapan Lenovo Folio akan diproduksi massal dan diluncurkan resmi ke publik.

Sumber: PhoneArena