pulsa-logo

Samsung Salip Intel Sebagai Produsen Chip Terbesar di Dunia


dian iskandar

Senin, 31 Juli 2017 • 12:42

Samsung,Intel,qualcmm,snapdragon,exynos,corei3,core i5


ilustrasiilustrasi

Intel merupakan perusahaan terbesar pembuat chip yang mendominasi perangkat PC selama hampir dua setengah dasawarsa. Tapi berkat industri mobile yang lebih ‘bergelora’, kini posisi Intel akhirnya disalip oleh Samsung sebagai pabrikan chip terbesar di dunia.

Samsung melaporkan hasil pendapatannya untuk kuartal kedua tahun ini beberapa hari lalu. Perusahaan teknologi raksasa asal Korea Selatan itu memperoleh laba operasi sebesar 12,6 miliar dolar AS yang menjadikannya sebagai perusahaan teknologi paling menguntungkan di dunia, dan juga melampaui Intel.

Samsung memperoleh pendapatan sebesar 15 miliar dolar AS dari bisnis semikonduktornya sendiri, sedikit di atas pendapatan Intel sebesar 14,8 miliar dolar AS dari semikonduktor pada kuartal kedua tahun ini. Ini memungkinkan Samsung mengakhiri masa kejayaan Intel selama 24 tahun dan menjadi pembuat chip terbesar di dunia menurut pendapatannya.

Memang, ini bukan berarti Samsung berhasil menjual prosesor lebih banyak dari pada Intel. Intel lebih condong memproduksi chip untuk PC dan server.

Di sisi lain, Samsung membuat chip untuk perangkat mobile, perangkat IoT, dan kendaraan yang terhubung. Divisi semikonduktor Samsng juga menghasilkan meraup uang karena bisnis memori flash dan produk memori SSD yang terbukti menjadi cash cow untuk Samsung. ((*)

Sumber: Ubergizmo