pulsa-logo

Analis: Layar OLED iPhone 8 Jadi Komponen Paling Bermasalah bagi Apple


Fauzi

Senin, 31 Juli 2017 • 14:57

iPhone 8


Terkait langkah Apple yang telah menginvestasikan miliaran dolar guna membantu LG memulai produksi display OLED untuk iPhone generasi mendatang, analis KGI Securities, Ming-Chi Kuo telah mengeluarkan prediksi mengenai situasi tersebut.

Menurut Kuo, panel layar OLED untuk  iPhone 8 yang diprediksi akan diluncurkan tahun ini telah menjadi komponen paling bermasalah dan paling dikhawatirkan bagi Apple. Komponen ini cukup merepotkan Apple terutama dalam hal daya tawar, karena Samsung saat ini satu-satunya perusahaan yang memiliki kemampuan desain dan produksi untuk produksi layar OLED.

Untuk mengatasi kekurangan pasokan yang hanya diperoleh dari Samsung, Apple bekerja keras untuk mendukung usaha LG untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan dalam produksi layar OLED. Bahkan menekan LG Display untuk memenuhi pasokan layar OLED untuk iPhone yang akan dirilis tahun 2018.

Maka tidak heran jika kemudian terdengar kabar bahwa Apple berkomitmen untuk mendukung LG Display sepenuhnya dalam memproduksi display OLED untuk iPhone di tahun 2018. Karena berusaha mengurangi risiko kurangnya pasokan komponen layar. Meskipun LG Display kemungkinan akan memulai dengan penetrasi awal minimal pada tahun 2018 (dengan perkiraan tidak lebih dari 4-6%).

Usaha tersebut adalah komitmen penuh dari Apple, di mana akan membantu LG Display untuk lebih siap dalam mematangkan produksi layar selama proses berlangsung dan lebih mantap dalam memenuhi pasokan mulai dari 2019 dan seterusnya. Hal ini pada gilirannya akan terus meningkatkan daya tawar Apple terkait dengan harga layar OLED.

Kuo memprediksi bahwa LG Display akan menggarap sekitar 10-20% produksi layar OLED untuk iPhone yang diluncurkan tahun 2019 dan LG Display akan memenuhi  pasokan komponen layar OLED sampai 20-30% pada 2020.

Bukan tidak mungkin LG Display akan menyamai pasokan layar dari Samsung. Karena LG Display akan memiliki keahlian dalam produksi panel display sendiri. Kuo memprediksi solusi General Interface Solution (GIS) Foxconn akan dibawa ke proses produksi LG Display untuk membantu proses laminasi. GIS juga akan menawarkan keahlian dalam pemecahan masalah produksi dan integrasi vertikal di proses produksi layar OLED. Kemitraan yang harmonis antara LG Display dengan Foxconn  ini akan sangat berguna dalam mempercepat proses produksi komponen layar OLED untuk memenuhi  pasokan ke Apple.


Sumber: MacRumors

LATEST TIPS-APPS

Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah
Scan Ragam Dokumen Dengan Mudah

2018-05-22 20:01:44