pulsa-logo

Ironis! Microsoft Justru Siapkan Aplikasi Windows Dev Center di Android


Galing

Selasa, 01 Agustus 2017 • 14:51

Windows Dev Center, Aplikasi Windows di Android


Foto: Screenshot di PCFoto: Screenshot di PC

Seperti PULSA kutip dari Android Central, Microsoft saat ini diketahui tengah menyiapkan aplikasi Windows Dev Center khusus untuk perangkat berbasis Android. Menurut penelusuran Android Police, aplikasi tersebut sudah dapat Anda temui di Google Play Store yang hingga kini masih memasuki versi Alpha dengan keterangan belum rilis sebagai tanda bahwa aplikasi ini memang belum siap diinstal pada perangkat.

Adapun aplikasi Windows Dev Center sendiri sebenarnya merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi para pengembang aplikasi di Windows Store. Dengan aplikasi ini, para pengembang dapat memantau performa dan kemajuan aplikasi yang mereka tempatkan pada Windows Store dari smartphone Android milik mereka.

Foto: Play StoreFoto: Play Store

Berikut beberapa fungsi penting yang dibenamkan dalam aplikasi tersebut:

1.       Memantau data kinerja aplikasi: Manfaatkan dashboard untuk melihat akuisisi, pendapatan dan laporan garis besar kejadian crash yang menimpa seluruh aplikasi yang dibuat oleh pengembang.

2.       Selidiki Crash: Dapatkan data crash yang dikumpulkan untuk membantu pengembang menyelidiki sekaligus membenahi masalah yang terjadi yang menjadi sebab timbulnya crash. Data crash yang bisa pengembang lihat meliputi data tipe perangkat, versi aplikasi, OS yang digunakan hingga tipe eksepsi yang ada guna mempermudah sang pengembang untuk menemukan adanya isu pada penulisan kode program aplikasi.

3.       Respons ulasan pengguna: Periksa ulasan terbaru yang dikirimkan oleh pengguna serta berikan respons atas masalah yang mereka temui langsung dari dalam aplikasi Windows Dev Center ini.


Hadirnya aplikasi khusus buat pengembang Windows Store di Play Store yang notabene merupakan perangkat berbasis Android ini memang terbilang cukup ironis. Alih-alih membuat aplikasi ini hanya tersedia secara ekslusif di perangkat Windows, Microsoft justru memilih untuk membuat aplikasi ini dapat diakses dari ponsel pintar Android yang notabene merupakan rival platform mobile Windows Phone besutannya. (Galing)

Sumber: 1, 2