pulsa-logo

Wah! Update Android 7.1.1 Nougat di Sony Xperia Z5 Malah Timbulkan Masalah


Fauzi

Rabu, 02 Agustus 2017 • 13:29

Sony Xperia Z5


Update Android v7.1.1 Nougat sudah dirilis untuk smartphone Sony Xperia Z5 sejak dua bulan yang lalu dan menyertakan patch keamanan Android yang diluncurkan oleh Google pada tanggal 1 Juni.

Seperti yang diharapkan, pembaruan tersebut diklaim akan memperbaiki beberapa bug dan menghadirkan beberapa fitur yang ditambahkan di dalamnya. Update Android v7.1.1 Nougat ini adalah update terbaru setelah versi Android v7.0. Beberapa fitur baru dihadirkan di update Android v7.1.1 Nougat, antara lain memfasilitasi multitasking Multi-Window dan fitur Doze yang memungkinkan perangkat untuk lebih menghemat baterai.

Dan kini, tampaknya update tersebut kemungkinan menyebabkan beberapa masalah utama yang cukup mengganggu untuk beberapa pemilik perangkat Sony Xperia Z5.

Menurut laporan pengguna, update OS Android v7.1.1 Nougat yang diluncurkan baru-baru ini untuk Sony Xperia Z5, Xperia Z3 Plus, dan Xperia Z4 Tablet tampaknya telah menimbulkan sejumlah masalah yang tampaknya mempengaruhi perangkat dengan berbagai cara.

Beberapa pengguna melaporkan bahwa kinerja perangkat mereka jadi melambat pasca update, dan laporan lainnya menunjukkan bahwa patch terbaru mempengaruhi suhu smartphone saat dioperasikan. Beberapa pengguna lain menyebutkan bahwa pasca update tersebut smartphone Sony Xperia Z5 milik mereka sering crash dan meminta untuk reboot.

Sedangkan untuk pemilik Sony Xperia Z5, Xperia Z3 Plus, dan Xperia Z4 yang belum memperbarui perangkat mereka ke OS Android v.1.1 Nougat, mereka memilih untuk menunda update versi sistem operasi terbaru  sebelum mendownload rilis perangkat lunak terbaru untuk perangkat mereka

Pembaruan yang tampaknya bermasalah dapat dengan mudah diidentifikasi oleh versi perangkat lunak 32.4.A.0.160. Sebagai alternatif, pengguna yang perangkatnya telah menjalankan versi firmware baru mungkin tetap berharap untuk menerima notifikasi mengenai pembaruan perangkat lunak baru yang mungkin berisi beberapa perbaikan utama terkait masalah tersebut.


Beberapa pengguna mengatakan bahwa mereka sudah dapat memperbaiki masalah yang disebutkan di atas meski tanpa mengunduh pembaruan perangkat lunak. Yakni dengan menonaktifkan aplikasi Movie Creator, me-reboot smartphone atau tablet mereka ke Safe Mode, dan kemudian menghidupkan ulang perangkat mereka seperti biasa.

Meski ini mungkin bukan solusi terbaik bagi konsumen Sony yang sering menggunakan aplikasi Movie Creator, namun mungkin patut dicoba jika masalah terus berlanjut dan menjadi terlalu mengganggu selama penggunaan sehari-hari.

Sony Mobile belum membuat pernyataan resmi mengenai masalah ini, namun kabarnya Sony segera  akan menerbitkan sebuah patch jika masalah tersebut tetap berlanjut.

Sumber: AndroidHeadlines