pulsa-logo

Gandeng BEKRAF, LINE Creativate 2017 Ajak Indonesia Unjuk Kreatif


Galing

Rabu, 02 Agustus 2017 • 20:54

LINE Creativate 2017, #IndonesiaUnjukKreatif


LINE kembali menghadirkan kompetisi digital kreatif terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Ajang yang disebut sebagai Line Creativate ini kini telah memasuki tahun ketiga penyeleggaraannya. Di tahun 2017 ini, LINE kembali menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) untuk menggelar roadshow di tujuh kota Indonesia yakni Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, Medan, Banjarmasin dan Denpasar yang akan dimulai pada 19 Agustus mendatang.

Berbeda dari tahun lalu, pada kesempatan kali ini Line menambahkan dua kompetisi baru yaitu Line Chatbot dan #UnjukKreasiLokalmu. Sementara dua kompetisi sebelumnya yakni Line Sticker dan Line Webtoon juga tetap diadakan dengan sasaran pengguna Line yang lebih luas di seluruh Indonesia. Adapun untuk tema LINE Creativate 2017 adalah “Indonesia Unjuk Kreatif.”

Foto: PULSA/GalingFoto: PULSA/Galing

Menanggapi pemilihan tema ini, Ongki Kurniawan, Managing Director Line Indonesia mengatakan, “yang pertama Indonesia, jadi ini Indonesia semuanya bukan Jakarta. (bukan) Jakarta Unjuk Kreatif, Jawa Unjuk Kreatif. It has to be Indonesia! Adapun yang kedua Unjuk itu kata yang sangat aktif, jadi bukan pasif, jadi kita pengin ini saatnya Indonesia unjuk gigi mengenai kreativitas. Dan bukan hanya di taraf lokal, dan ternyata kita juga sudah lihat secara global pun kita juga sudah merambah ke situ. Jadi Ayo Indonesia Unjuk Kreatif”

Di sela-sela acara peluncuran yang diadakan di Jakarta pada hari ini (02/08/2017), LINE Indonesia juga turut membeberkan bahwa keempat kompetisi LINE Creativate 2017 yang mereka adakan akan dibuka mulai hari ini hingga 8 Oktober 2017, dengan total hadiah hingga lebih dari 350 juta rupiah dan kesempatan publikasi karya para pemenang di platform kreatif milik LINE. Sementara untuk acara puncaknya akan digelar pada tanggal 27-29 Oktober 2017.

Dalam kesempatan bersama media pada hari ini, LINE juga turut menjelaskan secara rinci kompetisi apa saja yang akan mereka gelar mulai dari persyaratan hingga hadiah apa saja yang didapat oleh para pemenang.

Foto: PULSA/GalingFoto: PULSA/Galing

LINE Sticker Competition


Sesuai dengan namanya ini adalah kompetisi pembuatan stiker untuk insan kreatif dari seluruh Indonesia yang menyumbangkan karyanya agar dapat dipakai oleh pengguna LINE di seluruh Nusantara. Bertemakan “Muatan Lokal”, kompetisi ini siap mengangkat konten-konten lokal sesuai dengan kehidupan yang terjadi di sekitar masyarakat Indonesia dan menonjolkan kekayaan budaya lokal Indonesia. Kompetisi ini menawarkan total hadiah senilai 100 juta rupiah dengan rincian hadiah 50, 30 dan 20 juta rupiah untuk masing-masing tiga pemenang yang terpilih oleh juri mulai dari juara pertama, kedua hingga ketiga. Khusus untuk kompetisi ini, LINE akan mengajak dewan juri yang terdiri dari:

1.       Representatif LINE Indonesia

2.       Ari Juliano (Deputi Kekayaan Intelektual dan Regulasi BEKRAF)

3.       Naela Ali (Ilustrator)

Foto: PULSA/GalingFoto: PULSA/Galing

LINE Webtoon Competition

Melalui kompetisi ini para insan kreatif Indonesia akan diajak oleh LINE untuk menunjukkan karya komik digital terbaiknya yang dapat mereka buat baik melalui perorangan ataupun grup. Dengan demikian bagi peserta yang tidak memiliki keahlian menggambar dapat mengajak serta temannya yang memiliki keahlian untuk membuat ilustrasi dalam satu grup. Tema yang dipilih di tahun ini adalah Hari Berarti yang akan mengeksplorasi situasi atau kejadian penting yang terjadi pada hari tersebut dan menjadikannya sebagai tema sentral cerita secara keseluruhan. Webtoon yang dibuat harus dibuat dalam format serial pendek yang terdiri dari tiga episode dengan jumlah minimal 30 panel untuk setiap episodenya. Antara tiga episode yang dibuat harus membuat sebuah rangkaian cerita yang bersambung yang sudah harus selesai pada episode yang ketiga. Hadiah yang ditawarkan total senilai 95 juta rupiah untuk 10 orang pemenang. Berikut merupakan anggota dewan juri dari kompetisi tersebut:

1.       Junkoo Kim (CEO NAVER Webtoon)

2.       Joshua Simandjuntak (Deputi Pemasaran BEKRAF)

3.       Archie the RedCat (Webtoonist “Eggnoid”)

Foto: PULSA/GalingFoto: PULSA/Galing

LINE Chatbot Competition

Ini adalah kompetisi yang akan mengajak peserta untuk mengembangkan chatbot pada platform LINE dengan memanfaatkan Messaging API dimana ada dua kategori yang diperlombakan yaitu Game dan Utilitas. Mengangkat tema “Indonesia Banget”, bot-bot yang jadi pemenang dalam kompetisi ini diharapkan dapat meyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam lingkup nasional serta sekaligus dapat dimanfaatkan pula untuk mempromosikan budaya-budaya lokal Indonesia. Dengan hadiah total 60 juta rupiah untuk tiga orang pemenang, masing-masing akan mendapatkan hadiah 10, 20 dan 30 juta rupiah dimulai dari juara ketiga. Adapun untuk dewan jurinya adalah:

1.       Seokchan Lee, Head of Technology LINE Indonesia

2.       Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur BEKRAF

3.       Narendra Wicaksono, CEO Dicoding

4.       Donald Wihardja, Partner – Convergence Venture

Foto: PULSA/GalingFoto: PULSA/Galing

Kompetisi #UnjukKreasiLokalmu

Mengambil tema yang sama dengan LINE Chatbot Competition, #UnjukKreasiLokalmu mengajak para peserta untuk membagikan cerita tentang kearifan lokal dan kebiasaan unik dalam keseharian masyarakat daerah di seluruh Indonesia melalui sarana foto atau video di akun Instagram dengan hashtag #UnjukKreasiLokalMu. Contohnya Anda bisa membuat foto atau video yang menceritakan tentang kuliner, kebudayaan, permainan, produk lokal, seni grafis, bangunan, pakaiaan, musik hingga tari-tarian.Berbeda dengan kompetisi lain yang menjanjikan hadiah uang, para pemenang kompetisi ini akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti paket liburan 3 hari 2 malam ke Raja Ampat, Labuan Bajo dan Belitung untuk tiga pemenang utama. Sementara 25 karya favorit akan mendapatkan merchandise special dari LINE. Acara ini juga akan melibatkan dewan juri yang terdiri dari LINE Indonesia dan Arief Muhammad. (Galing)