pulsa-logo

Tablet Masih Lesu, Pengiriman Global Samsung dan Lenovo Anjlok


dian iskandar

Jum'at, 04 Agustus 2017 • 09:30

pasar tablet,penjualan samsung,ipad,galaxt tab,advan,tabet murah


ilustrasi, foto: PULSAilustrasi, foto: PULSA

IDC baru saja menyelesaikan analisis pasar tablet periode triwulan kedua 2017. Untuk periode April – Juni itu pengiriman tablet di seluruh dunia turun sebesar 3,4% menjadi 37,9 juta unit. Performa ini tercatat meski Apple baru saja mengeluarkan harga iPad yang tak terlalu maal. Padadal tablet ybridyang dulu diharapkan bisa mengerek pasar tablet

Apple lewat iPadnya terus memegang pangsa pasar teratas dan juga memimpin dalam pengiriman unit. Untuk periode dari bulan April sampai Juni, Apple mengirimkan 11,4 juta tablet di seluruh dunia, naik lebih dari 14,7% dari tahun lalu pada periode yang sama.

Pangsa pasar Apple untuk kuartal ini meningkat dari 25,4% menjadi 30,1%. Dengan pengiriman tablet kuartal kedua global sebanyak 5,4 juta unit, Samsung membuntuti Apple di posisi kedua, dengan selisih sebesar 47% dari Apple. Dari bulan April sampai Juni, Samsung melaporkan pertumbuhan negatif -8% dan sekarang mengantongi  15,8% pasar tablet global.

Sumber: IDC via PhonearenaSumber: IDC via Phonearena

Huawei berada di urutan ketiga dengan pengiriman tiga juta unit secara global. Pabrikan asal Cina itu meraup 8% pasar tablet global selama kuartal tersebut, dan mencetak 47,1% pertumbuhan tahun-ke tahun yang luar biasa. Amazon bahkan kini lebih baik karena perusahaan tersebut melaporkan kenaikan 51,4% dalam pengiriman unit tablet untuk kuartal kedua.Amazon mencetak pangsa pasar tablet 6,2% di seluruh dunia untuk Q2 tahun 2017.

Tepat di belakang Amazon ada Lenovo. MErek yang juga berasal dari Cina ini hanya mengirim 2,2 juta dari April sampai Juni dengan pencapaian 5,7% pangsa pasar. Ini juga berarti mengalami pertumbuhan tahun ke tahun negatif -14,6% untuk kuartal ini.

Secara keseluruhan, pengiriman tablet turun 3,4% selama April sampai Juni mencapai 37,9 juta unit. Atau turun 1,4 juta tablet jika dibandingkan dengan pengiriman tahun lalu pada kuartal yang sama sebanyak 39,3 juta unit. (*)


Sumber: Phonearena