pulsa-logo

Adu Fitur LG K10 Power, Lenovo K6 Note, dan Xiaomi Redmi Note 4


Fauzi

Jum'at, 04 Agustus 2017 • 15:10

LG K10 Power, Lenovo K6 Note, Xiaomi Redmi Note 4


Setidaknya ada tiga smartphone dengan budget Rp2-3 juta yang menarik untuk diulas soal spesifikasi yang dibawanya. Ketiganya adalah Lenovo K6 Note, LG K10 Power, dan Xiaomi Redmi Note 4. Sebagaimana diketahui ketiga smartphone ini selain dibanderol dengan harga yang hampir setara, dari sisi spesifikasi, utamanya di sektor display menyuguhkan ukuran yang sama, yakni 5.5 inci. Nah, untuk mengetahui kelebihan dari masing-masing smartphone, ada baiknya kita simak saja uraian berikut.

Desain

Pertama, LG K10 Power, smartphone ini dikemas dengan layar 5.5 inci yang hadir mengkombinasikan cover belakang berbahan plastik yang dibuat sedimikian rupa hingga menyerupai logam berkontur. Berkat kontur itulah LG K6 Power tidak terasa licin ketika digenggam.

Beralih ke Lenovo K6 Note, sesuai namanya, smartphone ini juga memiliki layar relatif besar (5.5 inci) yang mendominasi area depannya. Lenovo K6 Note diracik dengan konstruksi unibody. Berkat material logam yang digunakan pada panel belakangnya, smartphone ini tidak hanya tampil tegas, tetapi juga cukup solid ketika dipegang.

Adapun Xiaomi Redmi Note 4, sama seperti Lenovo K6 Note di mana hadir mengadopsi material metal (alumunium). Dari sisi desain, Xiaomi Redmi Note 4 meski harga jualnya yang tidak terlalu mahal ternyata bukan alasan bagi sang pabrikan untuk menyuguhkan build quality perangkat yang asal-asalan.

Secara umum dari sisi desain, ketiga smartphone berusaha tampil elegan. Pun begitu, nampaknya dua smartphone Xiaomi Redmi Note 4 dan Lenovo K6 Power tergolong cukup menonjol.

Display


Selain dari ukurannya, baik LG K10 Power, Lenovo K6 Note, dan Xiaomi Redmi Note 4 ternyata sama-sama mengadopsi layar berjenis IPS. Ketiganya juga sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D.

Bicara mengenai resolusi layarnya, di sini baru terdapat perbedaan terutama untuk LG K10 Power yang ternyata masih menyuguhkan resolusi HD, sementara Lenovo K6 Note dan Xiaomi Redmi Note 4 sudah sedikit lebih di atasnya di mana resolusi layarnya sudah Full HD.

Dengan layar 5.5 inci, resolusi layar yang tinggi tentu bisa membuat tampilan lebih tajam. Jadi, di sektor display, kembali Lenovo K6 Note dan Xiaomi Redmi Note 4 sedikit lebih baik dari smartphone besutan LG.

OS dan UI

Yang sudah pasti, ketiga smartphone ini mengadopsi sistem operasi milik Google. Ya, Android. Hanya saja perlu ditilik kembali versi berapakah yang telah ditanamkan di masing-masing smartphone ini. Baiklah, dari sistem operasi yang dikenakan, LG K6 Power sudah menjalankan Android Nougat. Sementara dua lainnya, yakni Lenovo K6 Note dan Xiaomi Redmi Note 4 masih agak sedikit lawas, di mana sistem operasi yang dijalankannya masih versi 6.0.1 atau Marshmallow.

Bicara antarmuka pengguna, ketiga smartphone terlihat sudah mengalami modifikasi. Untuk Redmi Note 4, misalnya, smartphone ini telah mempermanis tampilan antarmukanya dengan MIUI 8. Hal yang mencolok terlihat dari antarmuka yang ditawarkan oleh MIUI 8, tidak ada lagi laci aplikasi. Selain itu, beragam pilihan Beragam pilihan kustomisasi yang disisipkan oleh Xiaomi memungkinkan pengguna untuk mengganti tema yang secara otomatis akan mengubah tampilan wallpeper, lockscreen, ikon, font hingga profil suara perangkat.

Selain itu, Xiaomi juga membenamkan banyak sekali fitur pada MIUI 8 yang mempermudah pengguna untuk mengoperasikan ponsel dengan lebih mudah.

Bagaimana dengan LG K10 Power, smartphone ini juga telah dijejali antarmuka khas besutan sang pabrikan. Menariknya, ada setidaknya tiga halaman utama yang dibenamkan oleh LG pada perangkat kelas menengahnya ini. Halaman utama yang pertama adalah home yang menampilkan seluruh aplikasi di layar utama tanpa laci aplikasi alias app drawer yang sekilas menyerupai antarmuka pada iPhone dengan iOS sebagai platform andalannya. Halaman utama yang berikutnya adalah EasyHome yang akan memanfaatkan antarmuka lebih sederhana untuk pemula lengkap dengan tata letak yang lebih simpel serta ukuran font lebih besar. Terakhir, Home&App Drawer memungkinkan Anda untuk melihat daftar aplikasi di laci aplikasi dan menggunakan homescreen seperti layaknya antarmuka ponsel Android konvensional.

Adapun Lenovo K6 Power, seperti disebut di atas smartphone ini menjalankan Android 6.0.1 Marshmallow yang nampaknya sudah mengalami sedikit modifikasi. Misalnya, pada laci aplikasi, di K6 Note, baik dari gesture maupun tampilannya sudah mengalami perubahan. Meski demikian, untuk mengakses atau membuka laci aplikasi, Lenovo K6 Note masih menyediakan ikon di layar.

Prosesor dan RAM

Untuk mendukung performanya, LG K10 Power dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snadragon MT6750 yang merupakan prosesor octa core dengan daya pacu 1,5GHz. Menemani dapur pacu, LG menyediakan RAM sebesar 2GB dan ruang penyimpanan seluas 16GB plus slot kartu microSD. Berdasarkan pengukuran menggunakan software benchmar AnTuTu, LG K10 Power berhasil mencetak angka 38 ribu-an.

Adapun Lenovo K6 Note datang mengusung chipset octa-core Qualcomm Snapdragon MSM8937 berkecepatan 1.4GHz yang ditandem dengan RAM 4GB. Berdasarkan uji kinerja yang penulis lakukan menggunakan beberapa software benchmark standar hasilnya menunjukkan demikian. Misalnya, ketika uji benchmark dengan AnTuTu, skor yang dihasilkan Lenovo K6 Note berada di angka 44556.

Untuk Xiaomi Redmi Note 4, pada uji fitur kali ini kita menggunakan versi chipset MediaTek Helio X20 yang memiliki 10 inti berkecepatan 2,1GHz. Kinerja miliknya turut diperkuat pula dengan RAM sebesar 4GB yang telah didampingi dengan ruang penyimpanan internal 64GB. Bila dilihat dari hasil benchmark menggunakan software AnTutu, smartphone ini berhasil mengangkangi kedua smartphone di atas, di mana berhasil mencetak skor hingga 68820 poin.

Baterai

Baik LG K10 Power, Xiaomi Redmi Note 4, maupun Lenovo K6 Note dipersenjatai dengan baterai ekstra besar. Berturut-turut, LG K10 Power menggunakan baterai berkapasitas 4.500mAh, Xiaomi Redmi Note 4 didayai baterai 4100 mAh, sementara Lenovo K6 Note baterainya berkapasitas 4000 mAh.

Di atas kertas, LG K10 Power dengan baterai lebih besar, sejatinya unggul dalam hal performa yang diberikannya untuk menemani aktivitas pengguna seharian.

Kamera

Di sektor fotografi K10 Power telah didukung oleh kamera 13 megapiksel di bagian belakang yang telah dilengkapi dengan lensa apperture f/2.2. Sedangkan untuk bagian depan tersemat kamera seukuran 5 megapiksel dengan kemampuan mengabadikan gambar dengan sudut tangkap selebar 120 derajat. Pengguna dapat memilih sudut tangkap kamera dengan memilih ikon selfie sendiri atau group selfie. Jika kondisi pemotretan dirasa gelap, maka lampu kilat LED yang ada siap membantu Anda memberikan penerangan tambahan.

Sementara itu, Xiaomi Redmi Note 4 dibekali kamera belakang 13 megapiksel yang mengusung apperture f/2.0. Dual tone dual LED flash yang disematkan memastikan pengambilan gambar di lingkungan bercahaya kurang dapat menghasilkan foto dengan cahaya yang merata. Untuk selfie, pengguna bisa memanfaatkan kamera berkekuatan 5MP. Foto yang dihasilkan juga terkesan biasa saja dengan sudut pandang yang tidak terlalu lebar.

Adapun Lenovo K6 Note diracik dengan sensor kamera utama 16 MP PDAF yang dibekali kemampuan Correlated Color Temperature (CCT) dual LED flash yang dinamis, dan secara otomatis menyesuaikan untuk warna kulit yang terlihat natural dan warna cerah yang konsisten. Kamera depan smartphone ini memiliki resolusi 8MP.

Kesimpulan

Secara umum apa yang ditawarkan ketiga smartphone ini tergolong tidak memiliki perbedaan mencolok, terutama dari sisi layar serta kapasitas baterai yang digunakan. Hanya saja, bila ditilik lebih jauh, Xiaomi Redmi Note 4 sepertinya tampil lebih baik dibanding dua kompetitornya, terutama bila dilihat dari kinerjanya.

Dari kemasan produk, Xiaomi juga tidak kalah, terutama bila dibanding dengan Lenovo K6 Note di mana sama-sama dikemas dengan cover belakang berbahan logam.

Di atas memang tidak dijabarkan mengenai fitur bawaan seperti sensor sidik jari, misalnya. Dalam hal ini, baik Xiaomi Redmi Note 4 maupun Lenovo K6 Note sudah dibekali fitur keamanan biometrik tersebut. Sementara LG K10 Power, amat disayangkan lantaran tidak mengadopsi fitur menarik ini. Hanya saja, LG K10 Power tetap memiliki kelebihan, terutama bila bicara soal spesifikasi baterai dan sistem operasi yang dijalankannya. Jadi, pilih mana?

    2018-08-21 16:54:54


    Rekomendasi Android 3.5 Jutaan