pulsa-logo

Oppo dan Xiaomi Melesat, Samsung Datar-Datar Saja


Fauzi

Sabtu, 05 Agustus 2017 • 14:27

Smartphone Shipment in Q2 2017


Biro riset pasar, Canalys, mengeluarkan laporan pengiriman smartphone global untuk kuartal kedua tahun ini.

Dalam laporan Canalys, tercatat Samsung masih merajai pasar dengan pengiriman lebih dari 79 juta unit di Q2 2017. Meski demikian, pertumbuhan pengapalan smartphone Samsung disebut relatif datar.

Satu strip di bawah Samsung, sudah bisa ditebak. Ya, Apple, perusahaan asal Amerika Serikat ini berhasil mempertahankan posisinya di tempat kedua dengan total pengiriman 41 juta unit iPhone. Apple berhasil meningkatkan pengiriman smartphone tahunan sebesar 2%.

Di posisi tiga, Huawei berhasil terus menguntit Apple, dengan total pengiriman smartphone mencapai 38 juta unit atau berhasil membukukan angka pertumbuhan 20%. Selain itu, Huawei juga berhasil menjaga jarak dengan Apple, dengan hanya memiliki selisih sekitar 3 juta unit dengan pemegang posisi kedua tersebut.

Image Source: CanalysImage Source: Canalys

Untuk posisi keempat dan kelima, masing-masing ditempati oleh Oppo dan Xiaomi. Berapa angka pengapalan kedua vendor asal Tiongkok ini memang tidak diungkap lebih detil. Hanya saja, keduanya disebut sedang berada di top performa lantaran berhasil membukukan angka peningkatan pengapalan masing-masing 44% untuk Oppo dan 52% untuk Xiaomi.

Adapun secara keseluruhan, berdasarkan data Canalys total pengiriman smartphone global di Q2 2017 mencapai 340 juta unit atau mengalami peningkatan tahunan mendekati 4%.


Sumber: Canalys