pulsa-logo

Samsung Galaxy Note 9 Bakal Adopsi Sensor Sidik Jari di Layar ?


Fauzi

Senin, 07 Agustus 2017 • 10:07

Samsung Galaxy Note 9


Galaxy Note 8 belum juga dirilis, kini, muncul rumor terbaru tentang Galaxy Note 9. Disebutkan bahwa Samsung Galaxy Note 9 akan hadir dengan sensor sidik jari yang akan ditanam di bawah layar.

Berdasarkan informasi yang berasal dari KGI, disebutkan Samsung telah memilih berbagai upaya untuk tetap menghadirkan teknologi pemindai sensor sidik jari untuk Galaxy Note 9 dan Samsung terlihat berupaya untuk mendorong teknologi in-display dihadirkan ke Galaxy Note 9.

Salah satu hal yang mendorong Samsung untuk tetap akan menghadirkan sensor sidik jari di Galaxy Note 9 adalah terpancing  karena keputusan Apple untuk beralih mengimplimentasikan teknologi  in-display yang sama pada seri iPhone 8.

Selain itu, KGI juga menegaskan bahwa Samsung tidak akan menggunakan teknologi sensor sidik jari garapan Synaptics untuk Galaxy Note 9, dan akan beralih menggunakan sensor sidik jari besutan Egis, meski tidak terperinci mengapa pihaknya memilih untuk melakukan peralihan ini. Apalagi sensor sidik jari garapan Egis lebih mahal.

Ada desas-desus yang menyebutkan bahwa sensor sidik jari yang ditanam  di layar adalah hanya untuk perangkat high-end Samsung saja.  

Bicara soal sensor sidik jari yang ditanam di bawah layar, ternyata teknologi ini lebih dulu digarap oleh vendor lainnya, yakni Vivo. Smartphone terbaru Vivo yang segera dirilis yakni Vivo Xplay 7 kabarnya akan hadir dengan fitur sensor sidik jari juyang ditanam di bawah layar. Tentu ini sangat menarik,  karena akan menjadi ponsel yang diluncurkan dengan fitur pemindai sidik jari di bawah layar, yang lebih dulu hadir sebelum Smasung Galaxy Note 9. Sisi positifnya, hal ini memberi Samsung lebih banyak waktu untuk meneliti teknologi ini sedikit lebih detail dan sempurna sebelum memutuskan untuk menggunakan teknologi itu sendiri.

Untuk saat ini rumor tersebut memang belum di-amini oleh Samsung. Namun dengan rumor yang sudah muncul dari awal tentang ponsel ini saat Galaxy Note 8 bahkan belum diumumkan secara resmi, kemungkinan besar akan banyak bukti konkret yang menunjukkan bahwa rumor tersebut benar atau tidak dalam waktu dekat.


Jika Samsung memilih untuk pindah ke sensor sidik jari di bawah layar, mungkin akan menyelesaikan salah satu keluhan yang dimiliki pelanggan tentang Galaxy S8 dan Galaxy S8 +, yaitu sensor sidik jari yang awalnya ditempatkan di bagian belakang yang terpasang dalam posisi agak mengganggu.

Sumber: Android Headlines