pulsa-logo

Waduh! Era Smartphone Ternyata Membuat Remaja Lebih Tertekan


dian iskandar

Senin, 07 Agustus 2017 • 14:06

dampak sosial media dan kesehatan,remaja,ABG,dampak smartphone


ilustrasi, Foto: PULSAilustrasi, Foto: PULSA

Smartphone memang dibuat untuk memudahkan hidup kita, dan sebagian besar pasti merasakan manfaatnya. Kita bisa mengakses informasi dengan cepat, mengirim email, memesan taksi, mengambil foto dll. Semuanya hampir terdengar bahwa smartphone punya fitur yang yang menakjubkan dan membuat kita nyaman, setuju?

Namun dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Jean M. Twenge di The Atlantic, seperti dikutip dari Ubergizmo, dia menemukan bahwa mungkin saja smartphone tidak semuanya mendidik, dan mereka yang lahir antara tahun 1995 sampai 2012 (yang dia sebut sebagai generasi iGen) lebih terpengaruh negatif oleh smartphone. Sebenarnya karena fakta bahwa kita terhubung setiap saat telah membuat iGen menjadi generasi yang lebih tertekan dibandingkan dengan (generasi) milenium.

Twenge mengutip seorang anak berusia 13 tahun bernama Athena (bukan nama sebenarnya) yang mengatakan, "Kami tidak memiliki pilihan untuk mengetahui kehidupan tanpa iPad atau iPhone. Saya pikir kami lebih menyukai ponsel kami daripada orang (teman). "Artikel tersebut juga menyajikan beberapa statistik menarik, seperti bagaimana siswa kelas delapan yang menghabiskan lebih dari 10 jam seminggu di media sosial 56% lebih bisa dikatakan tidak bahagia dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan lebih sedikit waktu(bersosial media).

Ini sangat kontras dengan mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman secara langsung, dan ditemukan 20% lebih kecil kemungkinannya bahwa mereka tidak bahagiadibandingkan dengan mereka yang tidak menghabiskan banyak waktu bertemu dengan orang atau teman.

Ini sebenarnya bukan pertama kalinya kita mendengar tentang seberapa banyak media sosial bisa menjadi hal yang buruk, dan mudah-mudahan dengan penelitian ini orang tua dapat melakukan sesuatu untuk kesehatan mental anak-anak mereka. (*)

Sumber: Ubergizmo