pulsa-logo

Ini Dia Rumor Canggihnya Pengenalan Wajah di iPhone 8!


Galing

Kamis, 10 Agustus 2017 • 10:21

Face ID, iPhone 8


Setelah ramai dikabarkan akan mengembangkan fitur pengenalan wajah sebagai pengganti dari fitur otentifikasi pengguna konvensional di iOS yang selama ini menggunakan TouchID, kini para pengembang dan team ahli di Apple masih menggali firmware HomePod yang baru dirilis untuk melengkapi rincian tambahan tentang iPhone 8. Dan sebuah kabar terbaru yang berasal dari  pengembang Guilherme Rambo, mengisyaratkan beberapa fitur yang kemungkinan akankita lihat di perangkat baru besutan Apple tersebut. Termasuk optimalisasi fungsi fitur pengenalan wajah di iPhone 8.

Menurut source code yang ditemukan oleh Guilherme Rambo, fitur pengenalan wajah yang ada di iPhone 8 tampaknya mendukung otentikasi pembayaran Apple Pay, dan memiliki kecerdasan yang secara akurat untuk mengenali begitu banyak wajah serta dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga.

Sebuah baris kodemerujuk pada kesalahan otentikasi pembayaran dengan name code "Pearl," yang merupakan nama kode internal Apple untuk pengenalan wajah di iPhone 8.  Sementara sebuah string yang bertuliskan "NumberOfAppsUsingPearl" menunjukkan fungsi pengenalanwajah dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga, kemungkinan informasi inimenunjukkan bahwa fitur pengenalan wajah tampaknya merupakan fitur yang akan menggantikan secara penuh fitur TouchID, seperti rumor yang sebelumnya ramai kita dengar.

Foto: MacRumorsFoto: MacRumors

Sistem pengenalan wajah Apple ini dikatakan lebih cepat dan lebih aman daripada Touch ID. Fitur ini bisa membuka iPhone dalam beberapa ratus milidetik, dan menangkap lebih banyak titik data daripada pemindaian sidik jari konvensional. Berkat bocoran informasi  firmware sebelumnya, kita juga tahu bahwa fitur ini tetapbekerja saat iPhone diletakkan mendatar di atas meja dan dapat mematikan suara notifikasi (pemberitahuan) yang masuk ke iPhone 8  saat wajah kita diposisikan di depan layar.

Selain meluncurkan informasi baru tentang pengenalan wajah, Guilherme Rambo juga menemukan beberapa potongan kode menarik lainnya yang mungkin mengisyaratkan fitur tambahan yang ada di iPhone 8.

Ada referensi untuk multi biometrik, modern HDR, fungsi pengambilan kamera capture beresolusi1080p untuk kamera depan dan kamera belakang  dan pengambilan video 240 fps pada resolusi 1080p (yang merupakan peningkatan dari batas perekaman video saat ini yang hanya beresolusi720p). Guilherme Rambo menyebutkan bahwa di dokumen source code tersebut, Apple menyebut dukungan kamera tersebut sebagai "FrontPearl" dan " BackPearl ". Kata "BackPearl" bisa menyarankan pengenalan wajah untuk kamera depan dan belakang, misalnya, tapi itu bisa berarti sesuatu yang lain sama sekali. Hal yang sama berlaku untuk multi biometrik dan HDR modern.

Sementara firmware HomePod memberikan kita berbagai rincian tentang apa yang diharapkan dari iPhone 8. Ada asumsi tentang fitur yang masih belum jelas.


Selain itu, tidak semua fitur yang disebutkan di sini akan betul-betul menyambangiiPhone 8. Oleh karena ini Guilherme Rambo menyarakan bahwa rincian source code ini bocoran informasi semata tentang apa yang mungkin akan dihadirkan di fitur pengenalan wajah di iPhone 8, bukan bukti nyata dari sebuah fitur.

Dari firmware tersebut, kita bisamelihat sekilas desain akhir iPhone 8, dan telah menemukan referensi tentang fitur pengenalan wajah berbasis inframerah, split status bar, fitur ketukan untuk mengaktifkan smartphone, fungsionalitas SmartCamera baru, dan lain sebagainya. (Nariswari/Galing)

Sumber: MacRumors