pulsa-logo

Mengerikan! 40 Aplikasi Disney Ini Dituduh Mata-matai Anak-anak


Galing

Kamis, 10 Agustus 2017 • 10:46

Aplikasi Disney, Gugatan Hukum, Aplikasi Mata-mata


Foto: PhoneArenaFoto: PhoneArena

Bagaimana perasaan Anda jika buah hati Anda ternyata diintai dan dimata-matai oleh orang lain, yang sama sekali Anda tidak sadari. Bahkan Anda sama sekali tidak tahu bahwa anak Anda sedang dimata-matai. Sangat mengerikan, bukan? Hal inilah yang kemudian menjadi batu sandungan bagi perusahaan animasi raksasa di dunia Walt Disney yang terkena tuntutan hukum yang mengklaim bahwa lebih dari 40 aplikasi pihak ketiganya yang ditujukan untuk penggunaan di perangkat smartphone telah memata-matai anak-anak. Ini jelas gugatan yang sangat serius.

Gugatan tersebut, yang tertera sebagai status Class Action, menyatakan bahwa Disney melanggar undang-undang online yang dirancang untuk melindungi privasi anak-anak secara online. Aplikasi pihak ketiga Disney sangat populer; sebut saja salah satu judul tertentu, yakni"Where's My Water? 2," yang faktanya telah didownload antara 100 juta sampai 500 juta kali.

Menurut tuntutan hukum tersebut, aplikasi Disney tersebut ternyata memiliki sistem pelacak (semacam tracker) yangterpasang di dalamnya yang memungkinkan data seperti informasi geografis, riwayat penjelajahan dan informasi pihak ketiga lainnya dikumpulkan dan kemudian bisa dijual ke pihak ketiga karena alasan pendapatan iklan. Jelas ini sangat mengerikan.

Amanda Rushing, seorang ibu dari dua anak yang tinggal di California, mengajukan tuntutan tersebut pada tanggal 3 Agustus 2017 di Pengadilan Negeri A.S. di San Francisco.

"Anak-anak sangat rentan terhadap pelacakan online dan Disney dengan  mengetasnamakan  pendapatan periklanan mengesampingkan  kerentanan tersebut. Untuk kemudian menanam pelacak di aplikasi mereka.Disney tidak pernah memunculkan notifikasiizin orang tua untuk memverifikasi aplikasi. Dengan leluasa, aplikasi Disney bisamengumpulkan, menggunakan, atau mengungkapkan informasi pribadi tiap anak yang menginstal aplikasi Disney tersebut.

Ada daftar panjang aplikasi Disney yang mungkin terlibat dengan praktek “memata-matai” tersebut.  Selain "Where's My Water 2," judul aplikasi lain yang dikabarkan akan terseret gugatan ini  meliputi "Moana Island Life," dan "Disney Color and Play." Kedua aplikasi ini tercatat telah mengantongi1 juta dan 5 juta instalasi dari Google Play Store.

Sejauh ini sayangnya belum ada tanggapan dan konfirmasi dari pihak Disney. (Nariswari/Galing)


Sumber: PhoneArena