pulsa-logo

Android O Segera Dirilis, Android Marshmallow Masih Mendominasi


Galing

Kamis, 10 Agustus 2017 • 17:54

Android Masrhmallow, Angka Adopsi Android, Angka Adopsi Android Nougat


Google telah memperkenalkan versi Android terbarunya yakni OS Android O di event Google I/O 2017 yang digelar pada 17-19 Mei 2017 lalu, dan sejak itulah OS Android Nougat akan kehilangan “gelarnya”sebagai versi terbaru Android. Dan kini, pasca 4 bulan lahirnya versi terbaru OS Android O, dikabarkan bahwa tingkat adopsi dari OS Android Nougat dan Marshmallow terus meningkat sejak memasuki bulan Agustus 2017. Dan adopsi Android O belum ada peningkatan. Salah satunya karena OS Android O baru akan diadopsi di smartphone yang belum resmi dirilis di bulan Agustus ini seperti misalnya Nokia 8 dan  Samsung Galaxy Note 8.

Foto: Android DevelopersFoto: Android Developers

Dari data yang dirilis oleh Google, Anda dapat melihat rincian daftar adopsi seluruh versi Android pada setiap bulan. Dimulai dari OS Android Nougat yang mengalami kenaikan sekitar1,7 poin menjadi 12,3%. Sementara itu, adopsi OS Android Nougat v7.1 meningkat menjadi 1,2% dari angka semula hanya sebesar 0,9%. Bahkan setelah OS Android 8.0 dirilis secara resmi, angka adopsi OS Android Nougat diprediksi akan terus meningkat.

Tingkat adopsi yang tinggi ini salah satunya dipengaruhi oleh dukungan dari OEM. OEM global seperti Motorola, mulai memperbarui banyak perangkat besutannya ke versi OS Android v7.1.1 Nougat, sementara ponsel baru seperti Moto Z2 Play diluncurkan dengan versi OS Android v7.1.1 ketika pertama kali diluncurkan.

Sementara itu, OS Android Marshmallow di bulan Agustus ini kembali naik tipis secara berturut-turut dalam dua bulan terakhir dengan angka adopsi 32,3% berkat tingkat kenaikan sebesar 0,5 poin.

Android versi Lollipop memiliki tingkat adopsi 29,2%, sedangkan KitKat mencapai tingkat adopsi 16%. Jelly Bean kini diadopsi sekitar  7,6%, dengan Ice Cream Sandwich dan Gingerbread keduanya stagnan dengan angka adopsi sebesar 7%.

Jumlah dan presentase  ini disusun oleh Googledari perangkat berbasis OS Android di seluruh dunia yang mengakses GooglePlay Store selama periode tujuh hari yang dimulai pada 1 Agustus dan berakhir pada tanggal 8 Agustus. (Nariswari/Galing

Sumber: 1, 2