pulsa-logo

BlackBerry Gandeng Vuzix, Smartglass Berbasis AR


dian iskandar

Senin, 14 Agustus 2017 • 16:10

Blackberry,smartglass,Vunix,Augmented Reality,AR,VR,kacamata pintar


Sumber; AndroidheadlinesSumber; Androidheadlines

Saat  nama BlackBerrymulai meredup di bisnis smartphone, BlackBerry mulai mencari cara untuk tetap eksis dengan mengembangkan sayap bisnisnya. Salah satu upayanya adalah dengan mulai menjajaki bisnis smartglass. Dan untuk memuluskan proyek smartglass-nya tersebut, BlackBerry dikabarkan menggandeng Vuzik.

Vuzik adalah sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika yang fokusuntuk menciptakan perangkat smart glass  yang memanfaatkanteknologi AR (augmented reality)  sebagai landasannya.

Di bawah kemitraan barunya ini,  BlackBerry akan berupaya memastikan keamanan data yang diambil dan disimpan di smartglass  garapannya dengan menggunakan perangkat lunak user environment management software.Sementara Vuzix akan bertanggung jawab atas sisi perangkat keras dengan menyediakan produk Vuzix M300-nya.

Tujuan dari kemitraan ini adalah untuk membantu memudahkan komunikasi antar karyawan di  sebuah perusahaan, misalnya sambil memastikan akses terhadap data tidak terganggu oleh beban tugas yang sedang dilakukan oleh pengguna.

Vuzix, produsen smart card dan produk AR dari Rochester yang berbasis di New York, meluncurkan versi Uji Validasi Desain (Design Validation Test versions) dari smartglass  M300 pada bulan September tahun lalu ke sejumlah kecil pengembang dan perusahaan-perusahaan yang menjadi pengguna strategisnya.

Smartglass ini didukung oleh prosesor Intel Atom dan menjalankan sistem operasi Android v6.0 Marshmallow. Perangkat ini dilengkapi dengan panel sentuh, sistem pengenalan suara sensorik dan koneksi navigasi GPS. Bidang pandangnya bisa sampai 20 derajat. Kecerahannya diukurpada 2000 nits, dengan  kemampuan spektrum  warna 24 bit. Smartglass ini didukung  oleh RAM 2GB dan memori  internal 64GB.

Di sektor fotografi, Vuzix juga memasukkan kameraberesolusi  13 megapiksel ke dalam piranti sandang tersebut  yang mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Fitur utama lainnya dari perangkatlunak di kamera smartglass tersebut  adalahfitur  stabilisasi gambar, mikrofon dengan kemampuan dual canceling capabilities, dan bateraiberkapasitas daya  100mAh.


Di sisi konektivitas, M300 dilengkapi microUSB 2.0 HS, Wi-Fi 802.11b / g / n / ac, MIMO 2 × 2, dan Bluetooth 4.1 / 2.1 + EDR. Dengan penambahan dukungan UEM BlackBerry ke smart glass, pelanggan M300 akan bisa menangani piranti sandang ini dengan jaminan pengelolaan  data lebih  aman.

BlackBerry, yang pernah menjadi titan di bisnis smartphone, membuat keputusan untuk memasuki ruang AR, bersama dengan segmen VR dengandiperkirakan mencapai pendapatan perusahaan sebesar  USD$ 37 miliar pada 2027. Prediksi yang diperoleh  darisebuah  firma analisis pasar IDTechEx  tersebut lebih lanjutmenyebutkan bahwa kemitraan antara BlackBerry dan Vuzix akan dimatangkan dalam beberapa bulan mendatang.(Nariswari)

Sumber: Androidheadlines