pulsa-logo

Dihadang Snapdragon 450, Inikah yang Dilakukan MediaTek untuk Helio P23 ?


Fauzi

Rabu, 16 Agustus 2017 • 14:00

QUalcomm,MEdiaTek,Helio P23,Snapdragon 450


Image Source: Gizchina.itImage Source: Gizchina.it

Sengitnya persaingan di bisnis perangkat mobile tidak hanya terlihat antarvendor smartphone saja, tapi merembet juga ke pembesut chipset.

Bicara soal prosesor mobile, ada dua nama yang nampaknya cukup mendominasi, yakni Qualcomm dan MediaTek. Maklum, produk keduanya kerap digunakan banyak vendor di smartphone besutannya. Imbasnya, persaingan antara Qualcomm dan MediaTek dalam menggaet lebih banyak mitra pun tak bisa terelakkan.

Terkait persaingan keduanya, laman DigiTimes dalam laporannya menulis sebuah informasi menarik dengan tajuk MediaTek di bawah tekanan untuk menurunkan harga chipset-nya.

Bukan tanpa sebab, dalam laporan tersebut dilansir bahwa harga chip Snapdragon 450 dipatok kurang dari 10,50 USD. Inilah yang membuat MediaTek seolah mendapat tekanan untuk memangkas harga prosesor seri yang akan datang, Helio P23 yang memang dirancang untuk smartphone mid-range.

Untuk dapat bersaing dengan Qualcomm lewat Snapdragon 450, MediaTek kemungkinan akan menjual chip Helio P23 ke para mitranya dengan harga di bawah 10 USD.  Dibangun menggunakan teknologi pemrosesan 14 nm, Snapdragon 450 diharapkan dapat menjadikan segmen market chip mid-range menjadi lebih kompetitif.

Menurut sumber anonim yang dikutip DigiTimes, Samsung yang menggunakan teknologi 14nm ketika membuat chip Snapdragon 450 dilaporkan menawarkan 2500 USD per wafer, yang memungkinkan Qualcomm untuk menurunkan harga chip-nya. Sementara MediaTek, yang mengontrak TSMC untuk memproudksi chip Helio P23, masih harus membayar biaya produksi lebih dari 3500 USD per wafer. Helio P23 sendiri dikembangkan dengan proses produksi 16nm.

Menurut sumber tadi, sedianya MediaTek akan menetapkan harga resmi Helio P23 sekitar 15 USD. Namun, baru-baru ini perusahaan itu telah memangkas harga chip-nya menjadi 11 – 12 USD, dengan tujuan untuk mendapatkan pesanan dari klien utamanya di China.


MediaTek diperkirakan bakal meluncurkan seri prosesor Helio P23 pada kuartal keempat tahun ini. Chipset ini ditargetkan bisa dikapalkan setidaknya 5 – 6 juta unit per bulan. Sedikit informasi, masih berdasarkan penuturan sumber anonim tadi, chip Helio P23 yang akan datang telah mendapat order dari Oppo, Vivo, Gionee, dan Meizu.

MediaTek disebut akan terus berhadapan dengan persaingan harga yang kompetitif di pasar chip mobile khususnya di segmen menengah pada paruh kedua tahun ini. Imbasnya, perusahaan ini pun disebut tidak mungkin untuk mencetak peningkatan margin koton yang substansial di sisa tahun ini.

Sumber: DigiTimes