pulsa-logo

Hati-Hati Beli Nokia 3310 New Edition!: Panduan Beli dan Membedakan dengan Ponsel Replika


Ahmad S.

Rabu, 16 Agustus 2017 • 14:56


Pulsa| Nokia 3310 New Edition, Produk tiruan (kuning) Garansi distributor dan asli ( biru) garansi resmiPulsa| Nokia 3310 New Edition, Produk tiruan (kuning) Garansi distributor dan asli ( biru) garansi resmi

Kenyataannya, dua minggu yang lalu saat menjelajahi pusat perbelanjaan ponsel, kita bisa dengan mudah mendapatkan ponsel Nokia 3310 New Edition dalam dua varian berbeda. Yakni Versi garansi resmi yang dijual di kisaran harga 650 – 700 ribu Rupiah dan Versi garansi distributor yang dijual dengan harga setengahnya.

Saat itu, sejumlah pedagang nakal akan memberi iming-iming bahwa kedua ponsel tidak memiliki perbedaan kecuali di bagian garansi saja. Karena sejatinya kedua varian ponsel tersebut adalah jelas-jelas berbeda.

Tulisan ini sekaligus berfungsi sebagai ralat saat PULSA menyebutkan bahwa ada Nokia 3310 new edition yang dijual murah.

Apa itu Nokia 3310 New Edition Garansi Resmi?

Nokia 3310 New Edition besutan HMD dipasarkan secara resmi di Indonesia oleh dua ditributor besar, yakni Group Erajaya (TAM) dan Parastar. Dengan harga resmi yang disarankan sebesar Rp 650.000.

Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan beberapa importir ikut menjual produk resmi dengan bendera mereka sendiri. Apakah barangnya asli? Bisa saja. Tapi tidak bisa disebut garansi resmi. Nah barang-barang seperti ini yang akan sangat tricky dan Anda harus menggunakan panduan berikutnya untuk menentukan produk mana yang paling pas untuk Anda.

Jika ada yang menjual lebih mahal atau lebih murah, terkait promosi atau kelangkaan stok, itu juga bisa saja terjadi. Tapi tidak sampai ke angka 50 % lebih murah.


Ponsel Nokia 3310 New Edition alias Reborn garansi resmi dikemas dalam dua kemasan berbeda. Ada yang memperlihatkan ponsel dengan kemasan mika tak tertutup, ada yang full tertutup. Jadi kemasan tidak bisa dijadikan patokan saat memilih.

Perbedaan dengan 3310 Replika

bodi tampak depanbodi tampak depan

Sebelum Nokia 3310 New Edition resmi masuk ke Indonesia, di pasaran sudah banyak beredar sejumlah ponsel yang didesain mirip 3310 (2017) dengan merek-merek semisal Strawberry dan Aldo. Sangat disayangkan ponsel-ponsel tipe ini banyak yang me-rebrand seakan-akan ini adalah merek Nokia. Dan biasanya Nokia replika ini yang dijual sebagai Nokia 3310 garansi distributor.

Hal ini akan makin mengaburkan perbedaan antara 3310 resmi yang masuk via importir yang tidak ditunjuk HMD,  dengan 3310 replika yang disebut sebagai garansi distributor.

Yang pasti, jika Anda berniat membelinya offline di toko-toko kesayangan, Anda bisa mencoba mengaktifkan ponsel dan mengecek menunya. Karena hal pertama yang bisa kita gunakan sebagai pembeda adalah tampilan layar, menu, fontasi dan software yang dibawa.

palsu ( kuning) - asli ( biru)palsu ( kuning) - asli ( biru)

Gampangnya, silakan buka salah aplikasi atau game. Semisal SNAKE. Jika tampilan Snakenya sudah 3D dengan kualitas game J2ME seperti yang terlihat pada gambar, bisa dipastikan itu adalah Nokia 3310 asli.

palsu ( kuning) asli ( biru)palsu ( kuning) asli ( biru)

Sebaliknya jika terlihat seperti game generik, seperti pada gambar, bisa jadi ini adalah Nokia 3310 replika.

bodi dalambodi dalam

palsu (kuning) - asli (biru)palsu (kuning) - asli (biru)

Perbedaan-perbedaan lain, bisa Anda lihat di poin-poin berikut ini:

  • ASLI: Tulisan Nokia di Back Cover.
  • TIRUAN: Tidak ada
  • ASLI: Ukuran lebih kecil dengan menempatkan slot SIM card pada bagian yang menjorok ke dalam.
  • TIRUAN: ukuran lebih besar (tinggi sedikit), slot SIM card terpapar di bagian tengah.
  • ASLI: Port Micro USB terletak di bagian atas.
  • TIRUAN: Port Micro USB terletak di bagian bawah.