pulsa-logo

Ini Dia Fitur Unggulan 5 Asus Zenfone 4 Series


dian iskandar

Jum'at, 18 Agustus 2017 • 13:56

Asus,Zenfone,zenfone 4,Zenfone 4 Pro,Zenfone 4 Selfie,Zenfone 4 Selfie Pro,Zenfone 4 Max Pro


Tepat setahun yang lalu, yakni di Agustus 2016 Asus memperkenalkan Asus Zenfone 3, dan kemarin (17/8), Asus memperkenalkan smartphone generasi terbarunya yang merupakan generasi penerus dari Zenfone 3 yakni Asus Zenfone 4. Menariknya, tidak hanya meluncurkan satu atau dua varian, di dalam peluncurannya kali ini Asus meluncurkan 6 varian sekaligus!

Adapun 6  varian berbeda dari Zenfone 4 series diantaranya Zenfone 4, Zenfone 4 Pro, Zenfone 4 Selfie, Zenfone 4 Selfie Pro,  Zenfone 4 Max dan Zenfone 4 Max Pro. Penasaran dengan masing-masing varian? Dan apa saja fitur pembeda dari masing-masing varian Asus Zenfone 4 tersebut?

Asus Zenfone 4 Pro

Zenfone 4 ProZenfone 4 Pro

Smartphone ini merupakan flagship unggulan Asus yang memiliki desain paduan antara  logam dan kaca 2.5D di bagian depan dan bagian casing belakangnya dipermanis dengan bahan logam. Bahan logam juga dipilih sebagai bezel yang mengelilingi smartphone ini.  

Dari sisi layar perangkat ini dilapisi layar AMOLED Full HD berukuran 5,5 inci dengan teknologi ASUS Tru2Life.


Untuk kinerjanya, smartphone  ini didukung chipset Qualcomm Snapdragon 835 dan RAM 6GB dengan kapasitas penyimpanan 64GB yang dilengkapi dengan dukungan penyimpanan memori eksternal melalui slot kartu microSD (max 2TB).

Dengan ketebalan ponsel sekitar 7,6mm,  Zenfone 4 Pro memiliki keunggulan dari sisi baterai yang cukup besar yakni 3.600 mAh.

Selain itu, Zenfone 4 Pro dilengkapi dengan fitur  NFC dan pemindai sidik jari pada bagian depan ponsel serta jack audio yang ditempatkan di bagian bawah. Smartphone ini mendukung  port  USB Type-C, speaker ganda,  Radio FM dan Bluetooth 5.0. Smartphone yang menjalankan OS  Android v7.1.1 Nougat ini akan dijual seharga USD$ 599 (setara dengan Rp. 8 jutaan) dan akan tersedia dalam varian warna Black and Silver

Perlu Anda ketahui, Asus Zenfone 4 Pro merupakan produk Asus yang unggul di sektor kamera, dikarenakan tema untuk Asus pada tahun ini adalah fotografi yang diuunggulkan di semua jajaran Zenfone 4.

Di sektor fotografi, smartphone  ini memiliki kamera belakang ganda yang sensor utamanya berukuran 12MP Sony IMX362 dengan aperture f / 1.7 yang didukung 8X zoom dan dapat menjepret dengan kualitas sangat tajam dalam kondisi minim cahaya. Sementara sensor  kamera sekundernya berukuran 16MP, menggunakan sensor kamera Sony IMX351 dengan efek  2X zoom (focal length 25mm dan 50mm).

Selain memiliki ukuran focal length yang besar, Asus juga memiliki system triple focus, di mana dalam sistem tersebut terdapat focus laser dan deteksi autofocus fase dual pixel disamping focus kontras asli yang bekerja bersamaan dengan empat sumbu OIS dan tiga sumbu EIS serta sensor cahaya RGB untuk gambar yang lebih baik.  

Asus Zenfone 4

Ini dia smartphone kelas menengah Asus yang datang dalam dua versi, yang pertama memiliki besaran RAM 4 GB /ROM 64 GB dengan kombinasi processor Qualcomm Snapdragon 630 dan versi keduanya adalah RAM 6 GB/ ROM 64GB dan  didukung  processor Qualcomm Snapdragon 660.

Kedua versi ini sama-sama memiliki layar IHD FHD 5,5 inci dengan tingkat kecerahan 600 nits. Memiliki slot hibrida dual-SIM dengan dukungan kartu penyimpanan memori eksternal microSD hingga 256GB. Keduanya didukung oleh fitur NFC, pemindai sidik jari yang ditempatkan di bagian depan perangkat (tombol Home) dan baterai berkapasitas 3.300mAh.

Asus Zenfone 4 juga menggunakan desain logam dan kaca, namun kaca belakang 2.5D memiliki desain lingkaran konsentris yang identik dengan identitas premium dari smartphone Asus. Ponsel Ini akan tersedia dalam varian warna hitam, moonlight, dan hijau. Akan tetapi khusus varian warna hijau tidak memiliki desain lingkaran konsentris.

Zenfone 4 memiliki kamera belakang ganda seperti varian Zenfone 4 Pro. Bahkan memiliki sensor Sony IMX362 yang sama namun dengan aperture f / 1.8 dan ukuran pixel 1.4μm. Kamera kedua adalah kamera wide-angle dengan sensor kamera OmniVision 8856 8MP dengan focal length 12mm dan sudut pandang 120 °. Kamera sekunder memiliki aperture f / 2.2 dan ukuran pixel 1.12μm, yang sudah dilengkapi dengan OIS, EIS dan sensor RGB built-in di dalam kamera utama.

Sementara itu, kamera sekundernya memiliki resolusi sebesar 8 MP yang didukung dengan sudut pandang 84 ° dan aperture f / 2.0.  Ponsel ini akan dibandrol dengan harga mulai dari USD$ 399 (setara dengan Rp. 5,4 jutaan).

Zenfone 4 Selfie Pro

ASUS meluncurkan Zenfone Selfie pertama di tahun 2015. Dan di tahun  ini Asus merilis dua varian Selfie yakni  Asus Zenfone 4 Selfie dan Zenfone 4 selfie Pro.

Asus Zenfone 4 Selfie Pro memiliki layar AMHDED FHD 5,5 inci dengan ketebalan 500 nits. Kinerjanya didukung processor Qualcomm Snapdragon 652 yang dipasangkan dengan RAM 4GB dan ROM 64GB. Ponsel ini memiliki baterai 3.000mAh dengan dukungan untuk dual SIM dan pemindai sidik jari yang ditempatkan di depan perangkat.

Berbeda dengan Zenfone 4 Pro dan  Asus Zenfone 4 yang memiliki kamera belakang ganda, Zenfone 4 Seflie memiliki kamera belakang tunggal namun dual kamera di bagian depannya.

Asus Zenfone 4 Selfie Pro memiliki kamera utama beresolusi 12MP Sony IMX362 dengan aperture f / 1.8 dan  menggunakan sensor kamera depan OmniVision 5670  beresolusi 5MP dengan sudut pandang 120 ° dan LED self timer. Kameranya juga mendukung untuk perekaman video 4K.  Sementara itu, kamera belakangnya beresolusi  16MP dan menggunakan sensor kamera  Sony IMX351 dengan aperture f / 2.2, PDAF dan EIS untuk perekaman video. Ponsel ini akan dijual dengan banderol harga USD$ 379 (setara Rp. 5,1 jutaan).

Asus Zenfone 4 Selfie

Adapun Asus  Zenfone 4 Selfie memiliki ukuran layar yang sama dengan tipe Asus Zenfone 4 Pro namun dengan resolusi sudah  HD (High Definition). Prosesor pilihannya adalah Qualcomm Snapdragon 430 namun dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB.

Di sektor fotografi, smartphone ini dibekali dengan kamera depan dengan menggunakan sensor kamera  OmniVision 20880 dengan resolusi 20 MP.

Dan perangkat ini nantinya akan dijual seharga USD$ 279 (setara dengan Rp. 3,8 jutaan).

Asus Zenfone 4 Max Pro

Untuk varian Asus Zenfone 4 Max Pro sebenarnya merupakan ponsel generasi penerus dari Zenfone 4 Max yang sudah dirilis sekitar sebulan yang lalu.

Asus Zenfone 4 Max Pro  dibekali dengan layar yang ukurannya  5,5 inci dengan resolusi HD.

Kinerjanya mengandalkan processor Qualcomm Snapdragon 425 yang dipasangkan dengan RAM 3GB dan penyimpanan memori internal 32GB.

Berbeda dengan Zenfone Max yang memiliki dual kamera utama yang masing-masing beresolusi 13MP, Asus Zenfone 4 Max Pro dibekali dengan kamera utama  beresolusi 16MP yang dipasangkan dengan sensor 5MP. Sementara pada kamera depannya berukuran 16M.

Pembaruan ZenUI 4.0

Tidak hanya merilis ponsel terbarunya, Asus juga mengumumkan Interface terbaru miliknya sendiri yakni ZenUI 4.0. Pembaruan ini termasuk mengubah wallpaper berdasarkan waktu dan ada juga sistem AI yang mengkategorikan galeri Anda berdasarkan wajah di gambar.

ZenUI 4.0 juga dilengkapi dengan sistem keamanan bawaan yang mengirimkan lokasi  (tag location) ke teman dan keluarga saat Anda berada dalam bahaya. ASUS juga menyertakan dukungan untuk aplikasi ganda di ZenUI 4.0. Sekarang pengguna dapat menjalankan akun dual Facebook, Instagram, dan messenger.

Fitur baru lainnya disebut Page Marker. Fitur Ini bekerja seperti Pocket, memungkinkan tiap pengguna menyimpan halaman secara offline untuk dibaca di kemudian hari. Pengguna  juga dapat menggunakannya untuk menandai ketika berhenti membaca artikel sehingga dapat melanjutkan membaca pada perangkat lain. (*)

Sumber:  Gizmochina