pulsa-logo

Canggih! Layar Smartphone ini Bisa Sembuh Sendiri


Galing

Jum'at, 18 Agustus 2017 • 18:03

Layar Motorola, Motorola, Teknologi Layar Canggih


Ya, mungkin Anda sedikit terkejut dengan judul di atas. Namun benar adanya. Karena  kabar terbaru menyebutkan bahwa Lenovo yang merupakan pemegang lisensi  dan merek Motorola telah mengantongi hak paten terkait dengan kemampuan layar untuk memulihkan diri sendiri dari kerusakan yang dialami. Keren banget ya?

Motorola Mobility sebelumnya telah mengembangkan smartphone yang memiliki display 'shatterproof' namun sepertinya perusahaan tersebut sekarang  telah siap untuk mengambil langkah  yang jauh lebih tinggi.

Foto: USPTOFoto: USPTO

Motorola Mobility kini telah mengajukan hak paten untuk sebuah layar yang mampu menyembuhkan dirinya sendiri setelah mengalami kerusakan, setidaknya sampai tingkat tertentu. Hal ini diketahui pertama  kali dari dokumen yang beredar di situs web Paten dan Merek Dagang AS (Patent and Trademark Office of US – USPTO).

Dalam dokumennya, Motorola menyebutkan "Shape Memory Polymer”  yang digunakan untuk membangun layar  tersebut. Dan hal ini memungkinkan  untuk layar dapat mengembalikan dari kondisi layar yang rusak ke kondisi semula setelah mengalami deformasi. Hanya denganmenerapkan panas di suhu tertentu. Bahkan, pengguna kabarnya akan dapatmenggunakan panas tubuh mereka untuk mengembalikan layar kebentuk aslinya.

Mengingat bahwa ini baru pengajuan paten,  kita belum bisa memastikan bahwa display semacam ini dapat diaplikasikan di ponsel cerdas Motorola dalam waktu dekat. Dan adajuga kemungkinan Lenovo mungkin akan mengurungkan implementasi dari konsep ini serta beralih pada teknologi yang sama sekali berbeda.

Terlepas dari kemungkinan akan terealisasi atau tidaknya layar jenis ini ke smartphone Motorola generasi masa depan, tidak ada keraguan bahwa layar semacam ini akan sangat membantu  pengguna dari biaya perbaikan yang cukup tinggi saat layar mengalami kerusakan. (Nariswari/Galing)

Sumber: NDTV