pulsa-logo

Hands-on: Xiaomi Mi 6, Tampil Cukup Mengesankan Luar-Dalam


Fauzi

Jum'at, 18 Agustus 2017 • 21:02

Xiaomi Mi 6,Review Xiaomi Mi 6


Selalu menarik membahas perangkat flagship. Terlebih bila perangkat tersebut sudah ada di genggaman. Seperti yang akan PULSA lakukan dengan Xiaomi Mi 6. Dirilis di negara asalnya sejak April lalu, Xiaomi Mi 6 sejatinya sudah dijual di beberapa negara yang sayangnya belum mencakup Indonesia sebagai salah satunya. Namun beruntung, lantaran PULSA sudah berhasil mendapatkan unit Xiaomi Mi 6.

Setelah mendarat di meja redaksi, kali ini PULSA pun akan mengulik lebih jauh smartphone kelas flagship terbaru Xiaomi yang kehadirannya cukup menyita perhatian itu. Tanpa panjang lebar simak saja hands-on Xiaomi Mi 6 berikut ini.

Desain

Jujur, dari sisi desain Xiaomi Mi 6 memang tidak terlalu istimewa. Meski demikian, smartphone ini tetap layak mendapat apreasiasi. Diracik dengan konstruksi unibody, smartphone ini tampil solid dan kokoh berkat material logam yang dikenakannya. Terasa sleek, tapi nyaman di genggaman.

Dari bentukannya, bodi Mi 6 terbilang cukup kompak dengan dimensi 145.17 x 70.49 x 7.45 mm dan bobot 168 gram. Hal ini membuat smartphone ini begitu pas digenggam dan masih tak terlalu mengganggu ketika dimasukkan ke saku celana.

Di area luar, kita bisa temui beberapa komponen penting smatphone, mulai dari layar berdiagonal 5.15 inci di area depan yang ditemani dengan sensor kamera depan beserta lampu flash-nya, speaker depan, dan sensor proximity di atasnya. Di bagian bawah layar terlihat bertengger tombol Home yang sepertinya sudah diintegrasikan pula dengan sensor sidik jari. Sementara komponen seperti tombol power dan tombol volume berada di area sisi kanan, slot kartu micro-SD di sisi kiri. Di ruas sisi bagian bawah, terlihat bertengger port USB Type-C yang diapit oleh lubang speaker.


Di ruas sebaliknya, yakni bagian atas nampak dibiarkan kosong, walau bila dipertegas ternyata di sini nampak terdapat sensor infra red berada. Adapun di bagaian belakang, terlihat di Mi 6 adanya sensor dual-camera di bagian atas sisi sebelah kiri.

Display

Xiaomi Mi 6 mengusung layar berdiagonal 5.15 inci yang juga sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D. Jenis layar yang dikenakannya tak lain adalah IPS, sementara untuk resolusinya sudah Full HD. Kepadatan layarnya sendiri sekitar sekitar 428 ppi. Dengan kepadatan piksel yang cukup tinggi, konten yang tersaji di layar tergolong cukup tajam.

Tidak hanya itu, untuk responsivitasnya, smartphone ini juga tergolong sangat baik. Untuk akses multitouch juga dimungkinkan oleh Mi 6.

MIUI 8.

Di saat MIUI 9 sudah dirilis, sayangnya smartphone ini masih mengadopsi UI bawaan yang sedikit lebih lawas, yakni MIUI 8 berbasis Android 7.1.1 Nougat. Pun begitu, smartphone ini dimungkinkan untuk mendapat update ke MIUI versi terbaru.

Tidak dipungkiri, selain spesifikasinya, MIUI merupakan hal lain yang membuat banyak penggemar Xiaomi jatuh cinta dengan smartphone besutannya. Meski mengadopsi sistem operasi Android yang mungkin sama versinya, dengan MIUI citarasa menggunakan smartphone Xiaomi jadi sedikit beda dan simpel. Sebagaimana kita ketahui, pada antarmuka MIUI tidak ada lagi yang namanya App Drawer, semua aplikasi sudah tercakup di layar home screen, baik yang tercakup dalam satu folder maupun yang terpisah sendiri-sendiri.

Selain itu, bagi yang bosan dengan tampilan smartphone yang disuguhkan versi default, MIUI juga menyediakan sejumlah Theme yang atraktif. Di MIUI 8, di sini disediakan banyak Theme yang bisa didownload pengguna secara gratis. Begitupun untuk Wallpaper-nya, banyak pilihan yang disediakan.

Kamera

Sebagai seri flagship, Mi 6 dibekali sang pabrikan dengan fitur dual-camera belakang beresolusi 12 MP lengkap dengan segala atributnya seperti f/1.8, OIS 4-axis & 52mm, f/2.6, 2x optical zoom, phase detection autofocus, dan dual-LED (dual tone) flash. Berbekal fitur dual-camera pengguna dimungkinkan untuk mengambil gambar dengan efek bokeh.

Untuk yang suka selfie, di area depan smartphone tertancap fitur kamera sekelas 8 MP. Selain bisa menangkap gambar dengan baik, kamera depan Mi 6 juga memiliki kemampuan untuk merekam video 1080p.

Jeroan

Tidak ingin kalah set dengan para pesaingnya, tidak ketinggalan di sektor pendukung performa Xiaomi membekali Mi 6 dengan dapur pacu mumpuni. Bagaimana tidak, untuk urusan kinerja, smartphone ini ditopang oleh chipset Qualcomm Snapdragon 835 yang terdiri dari chip octa-core (4x2.45 GHz Kryo & 4x1.9 GHz Kryo) dan GPU Adreno 540.

Masih dari sisi penopang kinerja, selain menancapkan prosesor kelas atas dari Qualcomm, pada Mi 6 yang kami miliki didukung oleh RAM 6GB plus memiliki memori internal 64GB. Jadi, di atas kertas kinerja dari Mi 6 sepertinya tidak perlu diragukan lagi.

Sementara untuk menyuplai daya perangkat, di dalam smartphone ini sudah tertancap sebuah baterai berkapasitas 3350 mAh